Home / Daerah / 12 Warga Binaan Rutan Labe Ruteng Peroleh Remisi Khusus

12 Warga Binaan Rutan Labe Ruteng Peroleh Remisi Khusus

104 Kali dibaca
IMG-20180530-WA0000

Bagikan Halaman ini

Ruteng, penanusantara.com – Dalam rangka menyongsong hari raya Idulfitri, sebanyak 12 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Labe Ruteng – NTT mendapatkan remisi khusus.

Gatot Arisaputro, A.md.IP.,SH,MH,  Kepala Lapas Kelas IIB itu mengakui pengurangan masa tahan terhadap penghuni Rutan tersebut sudah memenuhi kententuan undang-undang yang berlaku saat ini.

“12 orang narapidana tersebut sudah memenuhi Kriteria. Kriteria yang dimaksud antara lain, Sudah di vonis dan menjalankan masa tahanan 6 bulan dan berkelakuan baik,” jelas Gatot Senin, 28 Mei 2018.

Gatot pun menjelaskan, dari jumlah 24 orang warga binaan yang diusulkan ke Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI namun hanya 12 orang dinyatakan telah memenuhi persyaratan.

Pemeberian remisi khusus ini kata dia, bervariatif.

“Dari 12 orang tahanan, masing-masing mendapatkan remisi 15 hari sampai dengan 2 bulan,” tuturnya kepada sejumlah awak media di Kantin Rutan.

Napi yang mendapatkan remisi khusus Idulfitri ungkap Gatot, mereka itu berlatar belakang dengan kasus yang berbeda seperti Human Traficking, penipuan, narkoba, sodomi dan penganiayaan.

Kepada Penanusantara.com ia mengatakan bahwa masing-masing tahanan berasal dari kabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk diketahui, remisi khusus juga diberikan kepada napi Lainnya. Dalam hal ini, pada hari raya besar keagamaan yakni Natal untuk napi beragama Katolik, Nyepi untuk napi beragama Hindu, Waisak untuk napi beragama Budha dan Imlek untuk napi yang beragama Khong Hu Chu.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini