Home / Daerah / 300 Mahasiswa Unika Widya Mandira Adakan KKBM di Kecamatan Ranamese

300 Mahasiswa Unika Widya Mandira Adakan KKBM di Kecamatan Ranamese

418 Kali dibaca
IMG-20180716-WA0002

Bagikan Halaman ini

Borong, penanusantara.com – Sebanyak 300 Mahasiswa Program Studi (Progdi) Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang mengadakan kegiatan Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM).

Kegiatan itu diselenggarakan sejak tanggal 6 sampai 13 Juli 2018 di desa Compang kempo dan Gololoni,
Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur.

Masyarakat di wilayah dua desa tersebut sangat antusias menyambut kedatangan mereka dan berinisiatif agar mahasiwa-mahasiwa itu menginap di masing-masing rumah warga.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh mereka selama berada di kecamatan Ranamese antara lain

Kegiatan fisik berupa pembangunan Gapura,Tugu di dua Desa, Plang atau penunjuk arah dan kegiatan non fisik berupa Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Sosialisasi Koperasi, dan Pengelolaan Pertanian pada sektor Kopi.

Berbagai rentetan materi yang disampaikan kepada masyarakat setempat pada acara sosialisasi bersama.

Willy Mustari Adam,SE.,M.Acc, Ketua Prodi Akuntansi Unika Widya Mandira Kupang yang di dampingi Plt Kadis PMD Matim Tobby Suman,SH memaparkan materi tentang pengelolaan keuangan desa dan BumDes sementara Sosialisasi tentang Koperasi disampaikan oleh dosen prodi Akuntansi, Rere Paulina Bibiana,SE,M.Si

Sedangkan materi tentang sektor pertanian kopi dipaparkan oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian kabupaten Manggarai Timur, Lasarus Anjur.

Kegiatan non fisisk lainnya yang dilakukan para mahasiswa adalah menanggung koor pada misa di Kapela Rentung dan Kapela Maras, Paroki Sita.

Pada, Jumat 13 Juni 2018 pagi dilangsungkan perayaan misa syukur atas selesainya kegiatan KKBM ini yang dipimpin oleh pastor paroki Sita, John Samur.

Kepada Penanusantara.com Senin +16/7/2018) ketua Program Studi (Prodi) Akuntansi Unika Widya Mandira Willy Mustari Adam menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Propinsi (Pemprov) NTT, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur, Pemerintah Desa (Pemdes) Golo Loni, Bangka Kempo dan seluruh masyarakat di kecamatan Ranamese yang telah berpartisipasi untuk meyukseskan kegiatan yang dimaksud.

Ia menambahkan kegiatan ini kurang lebih selama 2 minggu dan pesertanya  adalah mahasiswa-mahasiswi prodi Akuntansi kurang lebih 300 orang.

“Kegiatan ini juga didampingi oleh 5 dosen prodi Akuntansi, masing-masing, Ketua prodi Akuntansi Willy Mustari Adam,SE,M.Acc, Rere P. Bibiana, SE,M.Si, Kornelis K. Kroon,SE,MM, Leopold M. Dawu,SE,MM, dan Maria Odriana V.Moi,SE,M.Sc,” paparnya.

Untuk diketahui bahwa KKBM ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman lapangan bagi para mahasiswa dan merupakan kegiatan tahunan Unwira yang dijalankan oleh masing-masing program studi dengan lingkup setiap desa pada Kabupaten dan Kota di Propinsi NTT.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini