Home / Daerah / AHP Lakukan Sosialisasi Empat Pilar Di Talibura Sikka

AHP Lakukan Sosialisasi Empat Pilar Di Talibura Sikka

226 Kali dibaca
IMG-20180602-WA0048

Bagikan Halaman ini

Maumere, penanusantara.com – Andreas Hugo Pareira (AHP), Anggota MPR RI Fraksi PDI Perjuangan asal Dapil NTT 1 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat (4) Pilar  di Talibura Sikka.

Kehadiran AHP itu dalam kapasitasnya sebagai anggota MPR RI. Pelaksanaan Sosialisasi Empat (4) Pilar ini dalam rangka untuk menanamkan nilai-nilai dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan yang dilaksanakan pada, Kamis 31 Mei 2018 di SMA Negeri Talibura, Sikka itu disambut meriah oleh masyarakat di wilayah tersebut.

Terlihat, Andreas Pareira didampingi oleh Stef Sumandi, Anggota DPRD Kabupaten Sikka.

Andreas Hugo Pareira dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan Sosialisasi empat  Pilar ini melibatkan Sekretaris Camat (Sekcam) Talibura, Kepala Desa se-Kecamatan Talibura, tokoh agama, tokoh masyarakat, orang tua siswa, serta siswa-siswi SMA Negeri Talibura.

Sebelum membuka sambutannya, AHP mengadakan kuis seputar perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 dengan hadiah sebuah tas back pack yang disambut meriah oleh para peserta.

Sementara dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa ancaman terhadap empat pilar berbangsa dan bernegara dewasa ini semakin nyata dan berdampak langsung pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuannya lanjut Andreas adalah menebar rasa takut di tengah-tengah masyarakat dan ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi Bangsa.

Andreas Pareira juga mengibaratkan bahwa empat (4) pilar berbangsa dan bernegara adalah sebagai pilar yang menopang sebuah rumah. Bila ada salah satu saja pilar yang goyah atau rubuh, yang akan celaka adalah penghuni rumah itu sendiri.

“Bekal yang paling penting dalam hidup adalah apa yang ada di dalam isi kepala kita, yang kita dapatkan dari pendidikan. Pendidikan menjadi kunci untuk menepis ancaman-ancaman radikalisme yang sekarang sedang marak di bumi pertiwi kita,” terangnya dihadapan peserta sosialisasi tersebut.

Kepala SMA Negeri Talibura Maria Fatima dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada bapak AHP yg telah mengunjungi SMAN Talibura.

Hal ini menurutnya merupakan momen bersejarah dan bermakna bagi mereka.

Dikatakanya, AHP telah memberikan pencerahan dan peneguhan tentang 4 pilar kebangsaan yang secara teoritis telah didapat semenjak bangku SD dalam pelajaran PKN.

“Tetapi menjadi sesuatu yang luar biasa karena kami mendengar langsung dari seorang tokoh dan putra terbaik nian Sikka,” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Camat Talibura Polycarpus, dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi atas kunjungan AHP yang bermakna.

Menurutnya, kehadiran AHP sudah memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak didik dan kita semua.

Polycarpus berharap AHP masih berkenan mengunjungi masyarakat Talibura di lain kesempatan.

Andreas Pareira dalam kunjungannya ke SMA Negeri Talibura Sikka itu, beliau memberikan sumbangan peralatan olahraga seperti bola voli, bola futsal, dan kostum olahraga.

Selain itu ketua DPP PDI-P tersebut membagikan buku-buku untuk siswa-siswi yang berisi tentang nilai-nilai yang tertanam dalam empat (4) pilar berbangsa dan bernegara yang diharapkan dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan yang dimaksud, masyarakat  Sikka khususnya di kecamatan Talibura, kedepannya dapat terus mengutamakan pendidikan sebagai tameng utama mempertahankan empat (4) pilar berbangsa dan bernegara dari faham-faham radikal yang ingin menggerogoti persatuan kita.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini