Akses Jalan Romarea – Oja Putus, Warga Dua Desa Bakti Sosial Bersihkan Material Longsor

  • Whatsapp
Warga Desa Romarea dan Oja bakti Sosial untuk pembersihkan material longsor. Minggu, (9/5/2021)
banner 468x60

Ende, penanusantara.com – Jalan penghubung Romarea – Oja di Kecamatan Nangapanda putus total warga Desa Romarea dan Oja bakti Sosial untuk pembersihkan material longsor, Minggu, 09 Mei 2021.

Hal ini dilakukan karena sudah satu tahun jalan itu dibiarkan rusak akibat terjadinya longsor dan membuat akses perekonomian masyarakat Dua Desa menjadi terhambat.

Read More

banner 300250

Fransiskus Minata Jawa, Tokoh muda Desa Romarea mengatakan bahwa jalan itu merupakan satu-satunya jalan perekonomian warga Dua Desa.

“Jalan ini merupakan satu-satu nya jalan penunjang perekonomian masyarakat, karna banyak area perkebunan masyarakat yang disekitaran jalan itu,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa dengan kondisi jalan yang rusak itu membuat aktifitas perekonomian masyarakat menjadi terhambat.

As juga berharap ada perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten untuk pembangunan jalan di wilayah perbatasan.

“Saya harap kepada pemerintah Kabupaten Ende untuk bisa melihat kondisi kami diwilayah perbatasan, karena selama ini kami sangat susah melakukan mobilisasi hasil komoditi kami,”terangnya.

Hal yang sama juga disampaikan Daniel Mona Ye masyarakat Desa Tendambepa, bahwa dirinya bersama masyarakat Desa Romarea melakukan pembersihan material longsor secara menual.

“Kemarin kami dari Tendambepa dan Romarea melakukan pembersihan jalan itu menggunakan Skop, dan Pacul,” terangnya.

Menurutnya bahwa kegiatan pembersihan jalan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dengan kondisi jalan yang sudah rusak.

“Ini karena kita peduli karena melihat dengan kondisi jalan yang rusak itu,”ujarnya

Setelah semua material longsor itu dibersihkan, Dirinya mengaku senang walaupun belum pembangunan jalan itu belum sesuai harapan.

“Saya sangat senang karena tidak ada lagi tumpukan material yang menjadi penghambat aktifitas kami selama ini, walaupun tidak seberapa intinya kami bisa jalan seperti biasanya,”terang Daniel.

Desa Romarea merupakan salah satu Desa di Wilayah Perbatasan Kabupaten Ende dengan Kabupaten Nagekeo yang sampai saat ini belum di aliri Listrik PLN. (Torres/pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *