BKH: Narkoba Itu Seperti Membunuh, Siapa pun Dilarang

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, penanusantara.com- Narkotika dan psikotropika adalah kejahatan luar biasa (exràordinary crime). Kejahatan ini jangan dibiarkan karena sangat membahayakan kedaulatan bangsa dan negara. Demikian diucapkan BKH yang menjadi Ketua Panja RUU KUHP dalam rapat panja dengan pemerintah di Jakarta, Jumat (24/2).

Atas dasar itu, menurut BKH, pengaturan ihwal narkotika dan psikotropika di dalam norma hukum RUU KUHP harus rigid dan perlu diatur untuk dihukum seberat-beratnya siapapun yang terlibat, pembuat, penjual/pengedar, pemakai. Tidak terkecuali.

Read More

banner 300250

“Narkotika itu seperti membunuh. Prinsipnya siapapun yang membunuh itu dilarang. Itu dari segi prinsip hukum. Namun tentu ada pengecualian dengan persyaratan-persyaratan khusus dan ketat. Begitu juga dengan narkotika,” katanya

Benny melanjutkan bahwa pengecualian dalam norma hukum yang perlu diatur dalam RUU KUHP ini perlu jelas seperti narkotika yang digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pengembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi.

Namun yang masih menjadi soal dalam pembahasan narkotika dan psikotropika ini antara panja Komisi 3 DPR-RI dengan pemerintah adalah soal penempatan golongan narkotika dan psikotropika dalam RUU KUHP, apakah di dalam penjelasan, batang tubuh atau di definisi dalam ketentuan umum.

Untuk itu, pemerintah dan panja bersepakat bahwa secara umum daftar inventaris masalah (DIM) tentang narkotika dan psikotropika ini diserahkan kembali ke tim perumus (timus) untuk merumuskan ulang dan akan dibahas lebih lanjut setelah reses.

“Setelah reses, saya berharap timus sudah menyelesaikan tugasnya dan pemerintah akan presentasikan kembali apa yang sudah kita sepakati hari ini,” ujar BKH dari meja pimpinan sambil mengetuk palu rapat. (*/Pito)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *