Home / Daerah / Bupati Manggarai Lantik 11 Pejabat Eselon III

Bupati Manggarai Lantik 11 Pejabat Eselon III

110 Kali dibaca
IMG-20180812-WA0053

Bagikan Halaman ini

Ruteng, penanusantara.com – Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH, melantik 11 Pejabat Administrator Eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, Sabtu 11 Agustus 2018 lalu.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Pukul 09.00 Wita.

Pelantikan 11 Pejabat Administrator tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Manggarai Nomor: HK/331/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrator Lingkup Kabupaten Manggarai.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara ini antara lain Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur, Sekretaris Daerah Manseltus Mitak, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Ketua TP. PKK Kabupaten Manggarai, Pimpinan OPD, Saksi Rohaniwan, Saksi PNS dan undangan lainnya.

“Kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier,” jelas Bupati Deno saat mengawali sambutannya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa setiap ASN memiliki kesempatan untuk menduduki sebuah jabatan. Namun, kata dia ada pertimbangan dan persyaratan yang harus dipenuhi antara lain kepangkatan, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan, riwayat jabatan, dan sejumlah persyaratan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Deno menjelaskan tiga tugas penting ASN berdasarkan UU ASN yakni, pertama melaksanakan kebijakan publik yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian. Kedua, memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan profesional.

“Para Camat dalam keseharian tugasnya akan berhadapan dengan masyarakat. Beri pelayanan yang terbaik, fokus, terukur, dan tuntas untuk mereka,” tegasnya.

Ketiga, menjaga persatuan dan kesatuan. “Tugas saudara sebagai ASN menjadi ujung tombak penjaga persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya Bupati Manggarai menyampaikan sejumlah pesan kepada pejabat yang sudah dilantik antara lain:

Belajar tentang Kepemimpinan, memahami pembagian kewenangan dan tanggung jawab, kerjasama yang baik di internal organisasi dalam kaitannya dengan kerja-kerja pembangunan, penegakkan Disiplin ASN.

Sementara khusus para camat ia berpesan agar membantu Desa dalam kaitan dengan tata kelola penggunaan ADD dan Dana Desa. Keenam, menghidupkan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat.

Selain itu, sambungnya, para Camat mulai menginisiasi penyelesaian konflik ditengah masyarakat dengan menggunakan pendekatan berbasis adat.

Ia pun menegasakan pada tahun 2019 akan dilakukan pemekaran desa.

“Para camat mulai melakukan kajian bersama instansi terkait tentang kelayakan pemekaran desa. para camat bertugas untuk memastikan OPAM ditingkat desa berfungsi dengan baik. Kesepuluh, dengan diinisiasinya Liga Desa dan para Camat bersama KONI mulai mencari bibit-bibit pemain sepak bola ditingkat desa dan kecamatan,” tegasnya.

Berikut daftar nama 11 Pejabat Administrator Eselon III yang dilantik:

1. Damianus Arjo, S.STP, jabatan lama Sekertaris Camat Satarmese, jabatan baru Camat Satarmese

2. Paulus Panggur, S.Sos, jabatan lama Camat Rahong Utara, jabatan baru Camat Ruteng.

3. Geradus Tanggung, S.Sos, jabatan lama Sekretaris Camat Ruteng, jabatan baru Camat Rahong Utara.

4. Lorensius Santu, SP, jabatan lama Camat Lelak, jabatan baru Sekretaris Dinas Pertanian.

5. Drs. Jenaru Yohanes, jabatan lama Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai, jabatan baru Camat Lelak.

6. Adrianus Husen, SP, jabatan lama Kasubid Kerawanan Pangan, jabatan baru Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai.

7. Agustinus Samador, S.Sos, jabatan lama Kabid Pengujian dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, jabatan baru Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai.

8. Burhan Sebastianus, ST, jabatan lama Sekretaris Camat Cibal Barat, jabatan baru Kabid Pengujian dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai.

9. Belasius Barung, SP, jabatan lama Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Kecamatan Satarmese, jabatan baru Sekretaris Camat Satarmese

10. Wahyuwati P. Neno Baaf, S.STP, jabatan lama Kasi Monitoring dan Evaluasi Bidang Pembiayaan Perumahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai, jabatan baru Sekretaris Camat Ruteng.

11. Mikhael Azedo Harwito, S.STP, jabatan lama Lurah Pagal, jabatan baru Sekretaris Camat Cibal Barat.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini