Home / Daerah / Dukung Sektor Pariwisata, Pemkab Mabar Hadirkan PT EL Bajo Commodus

Dukung Sektor Pariwisata, Pemkab Mabar Hadirkan PT EL Bajo Commodus

55 Kali dibaca
IMG-20180213-WA0003

Bagikan Halaman ini

Labuan Bajo, penanusantara.com – Mahkota Kabupaten Manggarai Barat adalah Pariwisata. Dalam mendukung sektor ini Perlu dilakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menjawab tuntutan tersebut, Pemerintah Mabar hadirkan lembaga perguruan tinggi (PT) EL Bajo Commodus.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH Dula  menuturkan Pembangunan Politeknik Elbajo Commodus diidentikan dengan Kehadiran sebuah Universitas.

Kampus yang  berlokasi di Lancang Kelurahan Wae Kelambu Labuan Bajo itu, teridiri dari jurusan Pariwisata, Perhotelan, Komunikasi, Management dan Bisnis.

“Beberapa jurusan ini sangat bersentuhan  langsung dengan kebutuhan  pariwisata Mabar saat ini. Pariwisata kita sudah mendunia masa tidak di dukung dengan SDM,” jelas Agustinus CH Dula Kepada Penanusantara.com melalui pesan whatsapp yang diterima Penanusantara.com, Senin,(12/2/2018),

Ia menjelaskan peningkatan kredibilitas dan sumber daya manusia sangatlah penting.

“Kehadiran PT adalah simbol martabat bangsa dan bakal menjadi pencipta karakter pemimpin bangsa. Pemkab Mabar sangat bangga karena kerinduan dan perjuangan selama ini sudah tercapai,” ujarnya.

Ketua DPD PAN Mabar ini juga menambahkan bahwa keberadaan sektor pariwisata di Mabar sangat berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Sejauh ini kata dia, sumbangan PAD Mabar dari sektor tersebut senilai 40 Milliar.

“Pariwisata diyakini sebagi potensi peningkatan pendapatan rakyat dan income daerah. Target PAD Mabar 2018 sebesar 120 milliar. Saya yakin sekali tahun depan PAD kita mencapai150 milliar, itu berarti melampau PAD  kabupaten se NTT,” terangnya.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, peletakan batu pertama Perguruan Tinggi EL Bajo Commodus diselenggaran pada sabtu 10 Februari 2018. Dalam acara ini dihadiri Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH Dula, Ketua TP PKK, Kapolres dan Ketua Bayangkari dan perwkilan TNI AD, AL dan AU.

Turut hadir, Kepala OPD, para Camat, Kades dan para Lurah, Tokoh masyarakat setempat, tokoh agama, Ketua Yayasan Ibu Novina Halim, Pembina Yayasan, dan Kopertis Wilayah Denpasar Prof. Dr. I. Nengah Sidarta dan beberapa akademisi.

Target penyelesaian pembangunan kampus tersebut pada bulan Juni 2018 dan pada bulan Agustus 2018 dapat digunakan untuk perkuliahan.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini