Home / Dunia / HUT TNI Ke 73, Kodim 1612 Manggarai Adakan Beragam Kegiatan

HUT TNI Ke 73, Kodim 1612 Manggarai Adakan Beragam Kegiatan

66 Kali dibaca
WhatsApp Image 2018-09-25 at 12.00.06 AM

Bagikan Halaman ini

Ruteng, penanusantara.com – Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 73, Kodim 1612 Manggarai melaksanakan beraneka ragam kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan itu meliputi turnamen sepak bola di Lapangan Marunai, Kelurahan Pota, kecamatan sambi rampas, Kabupaten Manggarai Timur NTT.

Rangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan adalah pertandingan bola voly putri dari berbagai desa di wilayah itu.

Laga sepak bola dan turnamen bola voli putri tersebut secara resmi dibuka Senin, 24 Sepetember 2018.

Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada seluruh peserta kompetisi untuk bertanding dengan penuh sportifitas yang tinggi, disiplin serta menghormati dan menghargai sesama pemain.

Tentunya kata dia, dalam suatu pertandingan sudah pasti ada yang menang dan kalah.

Untuk suporter pendukung tim masing-masing, Dandim  menghimbau agar menjadi suporter yang baik dan menunjukan tata krama serta sopan santun sehingga pemain dapat menampilkan permainan yang baik.

“Event seperti ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar sesama tim, dan tentunya lebih mendekatkan komunikasi masyarakat dengan TNI, karena TNI  lahir dari rakyat,  disamping juga dapat dijadikan sebagai sarana memupuk jiwa sportifitas dan unjuk kebolehan dalam menunjang kemajuan prestasi sepak bola,” jelasnya kepada Penanusantara.com

Di hari lahir TNI ke 73 ini, Dandim 1612/Manggarai juga berkesempatan membuka kegiatan Pelatihan Linmas tingkat Kecamatan Sambi Rampas. Pelatihan Linmas tersebut guna menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Anggota Linmas tersebut akan terlibat langsung dalam pengamanan Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelasnya

Pelatihan itu terlaksana ungkap dia, berkat kerja sama antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Manggarai Timur dan  aparat keamanan TNI-Polri.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas, Dandim menuturkan  bahwa Linmas menjadi salah satu pilar dalam pertahanan rakyat semesta di era sekarang.

“Mereka ditugaskan oleh Mendagri untuk membantu pemeritah dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan,” cetusnya

Menurut dia, tugas-tugas Linmas antara lain, membantu memelihara, meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat.

Dandim Rudy mengatakan tugas lain Linmas untuk membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang  mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

Selain itu kehadiran Linmas kata Rudy untuk membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan, daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

“Dalam pelaksanaan Pemilu Linmas harus bisa membantu Kepolisian dan TNI dalam hal pengamanan. Kita berharap Pemilu nanti berjalan lancar. Tetapi, kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka Linmas harus siap,” tegasnya.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini