Home / Nasional / Indonesia Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB

Indonesia Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB

232 Kali dibaca
IMG-20180610-WA0007

Bagikan Halaman ini

Ruteng, penanusantara.com – Berdasarkan hasil pemungutan suara melalui Majelis Umum PBB, Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan di New York Jumat, 8 Mei 2018 itu, meraih prestasi dalam bidang politik luar negeri.

“Apresiasi perlu diberikan kepada diplomasi Indonesia yang dimotori oleh Kementerian Luar Negeri. Indonesia meraih 140 suara  mengalahkan Maladewa 40 suara untuk mewakili negara-negara Asia-Pasifik. Diplomasi Indonesia memiliki kemampuan melobby dengan negara-negara anggota PBB lainnya,” Hal ini disampaikan Andreas Hugo Pareira aggota Komisi I DPR-RI.

Ketua DPP PDI-P itu menjelaskan bahwa menjadi anggota di DK PBB ini seharusnya menjadi pintu masuk bagi Indonesia untuk terlibat lebih aktif.

Hal itu dilakukan kata dia, sebagai implementasi politik luar negeri Indonesia yang Bebas Aktif, terutama untuk meng-golkan agenda-agenda internasional.

“Seperti agenda anti terorisme, pemberantasan kejahatan lintas negara. Mendorong kerjasama ekonomi dan pembangunan di kawasan negara-negara sedang berkembang,” jelas Andreas melalui pesa whatsapp yang diterima Penanusantara.com, Sabtu 9 Juni 2018.

Andreas menuturkan agenda pemerintahan Jokowi yang  belum nampak kemajuannya adalah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dengan keanggotaan Indonesia di Dewan Keamanan PBB ini, ia berharap dapat menaikan posisi tawar Indonesia untuk memaksimalkan diplomasi kelautan.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia sambung Andreas, Indonesia perlu memberikan perhatian khusus pada aspek kelautan, khususnya keamanan laut.

“Mengawal potensi sumber daya maritim yang dapat digunakan untuk kemajuan Indonesia dan kawasan Asia Pasifik itu sendiri,” tutur politisi PDI-P itu.

Diinformasikan bahwa Indonesia akan mulai aktif keanggotaannya sebagai Dewan Keamanan PBB pada tanggal 1 Januari 2019 yang akan datang.

Empat (4) negara lain yang turut tergabung di DK PBB yaitu Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini