Home / Polkam / Kota Kupang Terima Bantuan Pangan Non Tunai, Ini Kata Herman Man

Kota Kupang Terima Bantuan Pangan Non Tunai, Ini Kata Herman Man

72 Kali dibaca
IMG_20181128_000658

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com –Pemerintah Kota Kupang (Pemkot) menyerahkan bantuan pangan non tunai dan bantuan pangan non tunai daerah Kota Kupang Tahun 2018. kegiatan penyerahan dilaksanakan di Kelurahan Penkase Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang, Senin (26/11/2018).

Acara dihadiri oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia Dr. Andi Zainal Abidin Dulung, M.Sc, M.Cons, M.Gt. Ikut mendampingi Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man, Kadis Ssosial Propinsi NTT, Kadis Sosial Kota Kupang, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTT, Plt. Direktur Utama Bank NTT, Kepala Bank BRI Cabang Kupang serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Kota Kupang.

“Penyerahan bantuan Dana Rp 49 Milyar untuk mengatasi kemiskinan di NTT dan untuk Kota Kupang setiap 100 orang ada 10 orang miskin,” demikian kutipan Wakil Wali Kota Kupang Hermamus Mam dalam sambutan yang disampaikan pada kegiatan tersebut.

Herman Man juga menyampaikan syukur untuk Kota Kupang. pasalnya data keluarga miskin yang dulunya 11% turun menjadi 9.5 %.

“Secara bertahap kita urus, tidak bisa hanya dengan sulap mengubah dari miskin menjadi tidak miskin. Untuk itu Pemerintah Kota Kupang berterima kasih kepada Pak Dirjen Kementerian Sosial RI dengan bantuannya yang ikut meringankan beban masyarakat,” ucap Herman.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepasa Dirjen dan rombongan di Kota Kupang.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia
Dr. Andi Zainal Abidin Dulung, M.Sc, M.Cons, M.Gt dalam kesempatan itu mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini adalah wujud nyata dari Nawa Cita Pemerintah Presiden RI bahwa negara harus hadir memperbaiki sistem bantuan sosial.

“Hari ini kita meresmikan e-warung pertama kali di NTT di Kota Kupang. Bantuan Sosial memang menurunkan angka kemiskinan tetapi tidak permanen, untuk itu ada program perberdayaan yaitu pendampingan untuk usaha masyarakat,” ujarnya

Selain itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang menambahkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI agar bantuan sosial diberukan secara non tunai. Sehingga bantuan beras sejahtera yang selama warga Kota Kupang nikmati telah dialihkan menjadi bantuan sosial pangan non tunai.

Jumlah penerima manfaat sebanyak 14.630 terdiri dari 9.562 PKH dan 5.068 non PKH. Sedangkan bantuan pangan non tunai daerah sebanyak 3.000 Keluarga. Jadi sebanyak 17.630 keluarga di Kota Kupang dilayani dengan 20 e-warung yang telah disediakan di berbagai daerah bekerja sama dengan Bank Pemerintah Daerah.

Data yang diterima media ini bahwa Dirjen menyerahkan bantuan non tunai bagi warga Kota Kupang sebanyak 14.630 pemegang kartu bantuan non tunai. Kartu ini memiliki keistimewaan karena setiap bulannya di tanggal 25, saldo kartu sejumlah Rp 110.000 akan bertambah secara otomatis. Bapak/Ibu bisa menukar dengan beras dan telur, bisa beras saja atau telur saja. Selain itu kartu ini bisa jadi kartu debet dan bisa diisi oleh Bapak/Ibu untuk menambah saldo. (*/AN)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini