Home / Nasional / Mimpi KNPI NTT Jadikan Sonbai Pahlawan Nasional

Mimpi KNPI NTT Jadikan Sonbai Pahlawan Nasional

279 Kali dibaca
Foto Bersama Ketua KNPI NTT bersama para tokoh dalam acara Coffee Morning
Foto Bersama Ketua KNPI NTT bersama para tokoh dalam acara Coffee Morning

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nusa Tenggara Timur (NTT) Gelar Coffee Morning dengan tema Penelusuran Sejarah Sobe Sonbai III sebagai langkah awal memperjuangkan Sonbai menjadi pahlawan Nasional.

Hermanus Boki Ketua KNPI NTT mengatakan bahwa KNPI sebagai kaum muda yang punya keprihatinan akan sejarah pahlawan – pahlawan yang ada di  Daerah  ini melihat adanya kurang perhatian dari Pemerintah untuk mengembangkan sejarah-sejarah yang ada.

“Hal itu dapat kami buktikan dengan beberapa kali kami melakukan pendekatan dengan pemerintah untuk mencari informasi sejarah perjuangan timor dan pahlawan-pahlawannya secara khusus pahlawan Sonbai namun tidak ada informasi maupun bukti sejarah yang di dapatkankan,” ujar Boki di Cafe In Out Resto, Kamis (07/09/ 2017).

Ia juga mengatakan tentu, ini akan menjadi sulit untuk  dapat mempromosikan Sonbai sebagai Pahlawan Nasional oleh karena itu Pihaknya mengumpulkan para usif (kepala suku/raja) dari setiap sonaf (rumah raja) sedaratan Timor untuk bertukar pikiran dan menelusuri sejarah terkait Sobe Sonbai III.

Lebih lanjut Hermanus menyampaikan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini karena setelah ini Pihaknya akan mengunjungi setiap sonaf-sonaf untuk mengumpulkan informasi-informasi yang di sampaikan dalam tuturan fefa (berbicara lisan) yang akan pihaknya bukukan secara tertulis.

“Bukan saja penelusuran sejarah Sobe Sonbai III, Tetapi lokus Historisnya baik itu I, II , dan III mulai dari latar belakang sil-sila, asal-usulnya,Perlawanannya terhadap Belanda sampai kepada keturunannya,” jelasnya

“Kemudian Hasilnya kita akan rampungkan dan bukukan dalam bentuk makalah kemudian di bagikan ke para ahli-ahli baik itu antropologi, sosiologi dan bidang ilmu lainnya untuk di kaji sesuai basic ilmunya,” tambah Boki

Boki menambahkan, Setelah semua data terkumpul maka akan diseminarkan bersama para ahli dan di kaji lebih dalam kebenaranya.

“Dan di situ kita akan undang seluruh masyarakat NTT untuk membuat semacam petisi atau dukungan sebagai bentuk dukungan masyarakat untuk  di usulkan ke pemerintah,” tegas Boki

Langkah berikutnya Hermanus  menyatakan akan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengundang pelukis di NTT maupun di seluruh Indonesia untuk melukis sketsanya Sonbai, Karena ini sebagai salah satu syarat untuk pengusulan pahlawan Nasional.

Armand Hote, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini