Pasar Tradisional Waerana Jantung Ekonomi Warga Rongga Koe

  • Whatsapp
banner 468x60

Borong, penanusantara.com – Pasar Waerana adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Pasar yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini adalah jantung ekonomi bagi masyarakat kelurahan Rongga Koe khususnya dan bahkan untuk masyarakat Kota Komba bagian Selatan.

Read More

banner 300250

Pasar tradisional ini sangat unik, selain menjual komoditi lokal, juga karena penjual dan pembeli adalah masyarakat lokal juga. Sayur-sayuran, buah-buahan dan komoditas lokal masyarakat semua diperjualbelikan ditempat ini.

Alfons Jama (45), sering berkunjung ke pasar ini untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Ia mengaku, pasar ini sudah tua, bahkan sejak masa muda ayahnya.

“Sudah sekitar tahun 1980-an. Dari zaman bapak mereka dulu. Ini lokasi kedua dulu masih dilokasi lama, dua puluh menit dari sini,” cerita Alfons, Sabtu (29/07/2017).

Alfons juga menambahkan, pasar ini hanya dibuka sehari dalam seminggu yakni hari sabtu.

Selain menyandarkan kebutuhan ekonomi ditempat ini masyarakat disekitar lokasi ini mengaku tempat ini adalah salah satu sarana untuk bersosialisasi bagi kebanyakkan ibu-ibu, karena menurut pengamatan penanusantara.com, kebanyakkan ibu-ibu yang datang dan berjualan ditempat ini.

Setidaknya, selain dibutuhkan penataan oleh Pemda Manggarai Timur, pasar tradisional Rongga Koe juga membutuhkan perluasan dan jaminan khusus, agar masyarakat yang menggantungkan eknominya merasa nyaman berjualan disana.

Ronis Natom, Pito Atu

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *