Home / Daerah / Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Manggarai Membaca Naskah Pidato Menpora

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Manggarai Membaca Naskah Pidato Menpora

586 Kali dibaca
IMG-20171029-WA0029

Bagikan Halaman ini

Ruteng, penanusantara.com – Dalam Memperingati Hari Sumpah pemuda ke 89. Bupati Manggarai, Deno Kamelus membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Pada Sabtu (28/10/2017).

Inilah Naskah Pidato Menpora yang dibacakan Bupati Deno Kamelus

Delapan puluh sembilan tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta mereka mengirarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Sumpah pemuda di bacakan di arena kongres pemuda ke 2 di hadiri oleh pemuda lintas suku agama dan daerah dari belahan barat lndonesia terdapat nama Mohamad Yamin seorang pemuda kelahiran Sawa Lunto Sumatra Barat yang mewakili organisasi pemuda sumatra .

Dari belahan Timur lndonesia kita menemukan pemuda bernama Johaes Leimena kelahiran kota Ambon Maluku.

Mereka memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda beda namun fakta sejarah menunjukan bahwa sekat dan batasan batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda lndonesia untuk bersatu demi cita cita besar lndonesia.

Dalam sebuah kesempatan Presiden RI yang pertama Bung Karno pernah penyampaikan “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda tapi warisilah api sumpah pemuda,kalau sekedar mewarisi abu abu saudara saudara pasti puas dengan lndonesia yang sekarang sudah satu bahasa satu bangsa dan satu tanah air tapi ini bukan tujuan akhir”.

Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan lndonesia ,stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa

Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan kepada Bung Karno karena masih berkutap di soal soal ini.

Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat lndonesia.

Kita patut bersykur dan berterima kasih kepada bapak Presiden RI Ir Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan lndonesia. (*/Kons Hona/Pito Atu).

Keterangan Foto : Florespost.co

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini