Home / Daerah / Peringati Hari Veteran 2020, Ratusan Veteran di Belu Ziarah ke Makam Pahlawan Seroja

Peringati Hari Veteran 2020, Ratusan Veteran di Belu Ziarah ke Makam Pahlawan Seroja

166 Kali dibaca
Para Veteran saat menabur bunga di makam pahlawan Seroja.
Para Veteran saat menabur bunga di makam pahlawan Seroja.

Bagikan Halaman ini

Atambua, penanusantara.com – Ratusan Veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)  Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2020 di Makam Pahlawan Seroja di Haliwen, Kabupaten Belu, Selasa 11 Agustus 2020.

Para veteran sempat melakukan upacara di lokasi. Mereka kemudian berkeliling dan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Para Veteran saat melakukan Upacara di Taman Makam Seroja Haliwen, Kabupaten Belu

Para Veteran saat melakukan Upacara di Taman Makam Seroja Haliwen, Kabupaten Belu.

Di sana, mereka mengingat kembali para sahabat, keluarga, dan rekan sesama pejuang. Memori perjuangan pun kembali tersirat bahwa betapa heroiknya perjuangan rakyat Indonesia saat mempertahankan Negara Republik Indonesia dari Negara Timor Leste.

Usai ziarah, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Repupbik Indonesia (LVRI) NTT Nikolaus Dawi mengatakan, pelaksanaan ziarah, tabur bunga dilakukan tidak semata-sama untuk memberikan penghormatan sekaligus bentuk rasa terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan kusuma bangsa maupun veteran khususnya para pahlawan Timor Leste yang telah gugur, tetapi juga sebagai bentuk perenungan .

“Ziarah ini sebagai bentuk perenungan bagi kita, terutama para generasi muda selaku penerus masa kini maupun masa yang akan datang. Mereka harus mengetahui tentang betapa pentingnya patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan para pahlawan,” katanya didampingi Ketua DPC LVRI Kabupaten Belu Stefanus Atok Bau.

Dikatakan Lawi, Hari Veteran Nasional ini merupakan cikal bakal dari penghentian tembak menembak pada tanggal 10 Agustus 1949 yang mana waktu itu penjajah belanda dan jepang sudah mengakui kemerdekaan republik indonesia, maka oleh pemerintah 10 Agustus dinyatakan sebagai hari veteran.

Lawi berharap, nilai-nilai pejuang yang telah dipatriot oleh veteran pejuang kemerdekaan menjadi tolak ukur bagi mereka dalam kehidupan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, dan nilai-nilai ini akan diteruskan pada generasi penerus bangsa.

Usai berziarah, para veteran bergerak ke kantor Macab LVRI Kabupaten Belu untuk melakukan rangkaian kegiatan peringatan Hari Veteran Nasional. (ar)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini