Home / Tips & Kesehatan / Pertama di NTT, Pemkot Kupang Sediakan Mobil Penyapu Jalan, Ini Manfaatnya

Pertama di NTT, Pemkot Kupang Sediakan Mobil Penyapu Jalan, Ini Manfaatnya

646 Kali dibaca
Mobil penyapu jalan milik Pemkot Kupang (Foto : Akun Facebook Jefri Riwu Kore)
Mobil penyapu jalan milik Pemkot Kupang (Foto : Akun Facebook Jefri Riwu Kore)

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Pemerintah Kota Kupang menunjukkan bukti keseriusannya menata dan membersihkan Kota Kupang menuju kota yang layak huni dan bebas sampah. Salah satu buktinya dengan membeli mobil penyapu jalan. Mobil tersebut berjumlah dua unit. Dibeli dengan APBD 2019 senilai Rp 4 miliar.

Mobil sapu jalan tersebut akan beroperasi di ruas jalan-jalan protokol di Kota Kupang. Menurut Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang, Adi Paly, satu dari dua mobil tersebut sedang dalam proses pengiriman. Kurang lebih 14 hari lagi akan tiba di Pelabuhan Tenau Kupang. Selanjutnya lalu menunggu waktu untuk diturunkan. Satu unit lagi akan tiba bulan Desember.

Menurut mantan Lurah Airnona tersebut, ini merupakan mobil penyapu jalan pertama di Provinsi NTT. Di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta sudah menggunakan mobil tersebt. Mobil ini nantinya dioperasikan langsung oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang.

“Setelah ini kita akan rapat dulu untuk lebih detail menentukan rute operasinya. Pada prinsipnya Pemerintah melalui dinas teknis lagi menata kota ini menjadi kota yang bersih dan layak huni,” pungkas Ady.

Untuk diketahui, kapasitas daya tampung sampah mobil merk Dulevo 6000 ini mencapai 3-6 ton. Kendaraan tersebut dibekali dengan beberapa kemampuan seperti mesin sapu, alat penyemprot serta penyedot sampah dan air yang mampu dilakukan sekaligus dalam satu kali pengoperasian.

Seperti dilansir dari Detik.com, mobil penyapu jalan merek Dulevo ini buatan Italia. Dulevo 6000 ini dibekali mesin diesel dan memiliki kecepatan maksimum 42 kpj. Kendaraan ini mampu menampung sampah sampai 6,2 meter kubik.

Hebatnya, Dulevo 6000 mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi atau hampir seluas 15 lapangan sepak bola dalam satu jam. Lalu sikat yang ada di depan mobil ini bisa bermanuver sampai 180 derajat. Jadi bisa menyapi tempat-tempat sempit seperti selokan.

Dulevo 6000 adalah kendaraan pembersih yang fungsinya mampu menggantikan tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan. Teknologi generasi terakhir ini tidak hanya menawarkan mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper. (*/rn/pn)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini