Home / Daerah / Peserta IMF Akan Datangi Labuan Bajo, Pemkab Mabar Benahi Fasiltas Pendukung

Peserta IMF Akan Datangi Labuan Bajo, Pemkab Mabar Benahi Fasiltas Pendukung

119 Kali dibaca
IMG_20180903_083448

Bagikan Halaman ini

Labuan Bajo, penanusantara.com – Pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) – World Bank Tahun 2018 di Pulau Dewata Bali Oktober mendatang.

Dalam menanggapi hal itu, Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, Rabu, 29 Agustus 2018 mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah, Pemerintah Daerah dan BI yang dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tampil sebagai pembicara dalam Rakor ini Gubernur BI, Menkomaritim  Jend. TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur DIY, Ketua Dewan Komisioner OJK, Menteri Pariwisata Dr.Ir. Arief Yahya.

Sebelumya saat working Dinner, Bupati Gusti Dula diberi kesempatan untuk memberikan pandangan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat terkait Pengembangan Kawasan Labuan Bajo khususnya penataan Wisata Kuliner Kampung Ujung.

Beliau menyampaikan banyak sektor yang masih harus dibenahi terkait persiapan IMF.

Ketika dikonfirmasi melalui media ini, Senin 3 September 2018, Bupati Manggarai Barat itu menjelaskan pihaknya tetap memantau semua pembenahan infrastruktur di wilayah itu.

“Pembenahan sarana dan prasarana tersebut dalam rangka menyambut  persiapan sidang IMF di Denpasar,” ungkapnya melaui pesan whatsapp yang diterima penanusantara.com

Sejumlah fasilitas-fasilitas yang sementara dibangun Antar lain: pembangunan apron areal parkir Bandara belum tuntas 1000, areal parkir ini kata dia, merupakan persiapan menuju Bandara internasional.

Selain itu, sambungnya, pembangunan travelator lift (tangga berjalan) menuju Ruang tunggu Bandara dan pembangunan halaman dan tempat parkir kendaraan dan Ruang tunggu sendiri.

Ia menambahkan sarana dan prasarana lainnya yang sementara dibangun meliputi, Pemasangan tiang dan Lampu jalan pada 496 titik dalam kota Labuan Bajo, Pembangunan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah di Warloka, hampir rampung dan Pembangunan sarana daur ulang sampah.

“Pembangunan stand tempat makan di Kampung Ujung hampir selesai dan pekerjaan trotoarnya. Pembangunan  listrik peninggkatan daya untuk Hotel-Hotel hampir rampung, Pembangunan  Marina yang akan diselesaikan pada bulan Oktober serta pembangunan Hotel internasional AYANA dan  diresmikan tanggal 15 September 2018,” cetusnya.

Pemkab Mabar juga lanjut dia, sementara membangun rest area Puncak Waringin, pembenahan RSUD Komodo di Marombok dan air bersih
yang sedang dalam penyelesaian.

Peserta rapat IMF diperkirakan 30.000 orang. Dibagi ke 4 destinasi salah satu n daerah yang sangat strategis adalah Labuan Bajo.

Untuk diketahui peserta IMF terdiri dari para Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor swasta, investor, NGO, akademisi, dan kalangan media.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini