Home / Tips & Kesehatan / PMI Kota Kupang Gelar Pelatihan Bagi PMR, Ini Pesan Herman Man

PMI Kota Kupang Gelar Pelatihan Bagi PMR, Ini Pesan Herman Man

194 Kali dibaca
16-27-29-IMG-20190912-WA0026-1024x682

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang menggelar pelatihan bagi Palang Merah Remaja (PMR) Kota Kupang.

Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari mulai dari ini tanggal 12 sampai dengan 14 September 2019 di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Walikota, dr. Hermanus Man selaku Ketua PMI Kota Kupang, didampingi Kepala Markas PMI Kota Kupang Drs. Gosa Yohanes dan Ketua Harian PMI Kota Kupang Bapak Filmon J. Lulupoy, S.Pd, MM.

Para pemateri/fasilitator diambil dari internal PMI Kota Kupang yang berjumlah 7 Orang dan eksternal 2 Orang yang berasal dari Komisi Penanggulangan AIDS Kota Kupang dan Badan Narkotika Nasional Kota Kupang.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari perwakilan 10 unit PMR Wira Kota Kupang, dengan jumlah peserta 40 orang yang berasal dari sekolah yang ada di Kota Kupang.

Wakil Walikota Kupang sekaligus Ketua PMI Kota Kupang, dr. Hermanus Man berkesempatan melakukan pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta atas nama Ade Putra Kale dan Anisa Fatmawati Atu.

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh staf Bidang Organisasi Markas PMI Kota Kupang, Remi S. Olla, S.Kom mengatakan bahwa PMI adalah organisasi kemanusiaan, merupakan mitra pemerintah yang tetap menjaga kemandirian dan kenetralan dalam pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat.

Selain itu, kata dia, PMI Kota Kupang selalu berkomitmen untuk menyebarluaskan dan mendorong pengimplementasian secara konsisten prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, melaksanakan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana berbasis masyarakat, memberikan bantuan dalam bidang kesehatan kepada masyarakat di tingkat Kelurahan atau kecamatan, serta menggerakkan generasi muda dalam tugas-tugas kemanusiaan seperti kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

Dalam kegiatan selama 3 (tiga) hari ini, peserta akan menunjukkan kebolehan serta wawasan dan pengalaman selama terlibat dalam PMI, sehingga dapat mengetahui kekurangan serta kelebihan masing-masing unit atau anggota PMR se-Kota Kupang.

Sementara itu, Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man mengatakan bahwa perlu diketahui bahwa Palang Merah Remaja (PMR) itu adalah cikal bakal relawan PMI masa depan yang berkualitas.

“Karena itu harus dididik, dibina dan dikembangkan sejak dini agar terbentuk relawan remaja-remaja berkarakter ke-Indonesia-an, terampil, kreatif, serta mampu memimpin,” kata Herman.

Menurut Wakil Walikota dua periode ini bahwa untuk mencapai relawan PMR yang berkualitas maka diperlukan sebuah proses pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI yang berkelanjutan, agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi sekolah dan pelayanan PMI tentunya, karena ini adalah organisasi kemanusiaan maka perlu dibentuk karakternya sedini mungkin.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada adik-adik anggota PMR Wira untuk mempergunakan kesempatan untuk belajar dan berlatih sehingga pada saatnya nanti kalian dapat di mobilisasi, seperti Jumbara Nasional, Pertemuan Forpis Tingkat Nasional dan merupakan salah satu bentuk pengakuan dan penghargaan kami terhadap wadah PMR yang telah dibentuk. Saya berbangga karena kalian adalah orang-orang luar biasa, pahlawan kemanusiaan di kota kasih ini,” ujar Wakil Walikota Kupang. (humas).

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini