PPM, Mahasiswa StiKes CHMK Gelar Penyuluhan Malaria Ibu Hamil

  • Whatsapp
Mahasiswa PPM CHMK Kupang
banner 468x60

Oelmasi, Penanusantara.com- Dalam rangka Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (PPM) dan sebagai salah satu bentuk kerja nyata kepada masyarakat.   Sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) CHMK menggelar penyuluhan malaria bagi ibu-ibu hamil di desa Obeng, Kecamatan Nekamese, kabupaten kupang pada sabtu (05/11).

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini mengusung tema “Penanggulangan Malaria dalam Kehamilan”. Kegiatan yang dihadiri 55 orang ini berjalan dengan lancar.

Read More

banner 300250

Sejumlah mahasiswa menyelenggarakan Penyuluhan dengan memaparkan materi dan diskusi bersama peserta kegiatan.

Seperti yang disampaikan Ketua Panitia Kegiatan PPM STIKes CHMK, Arsa Tabe bahwa kegiatan PPM ini dilaksanakan di desa dengan sasaran Ibu Hamil.

Menurut tabe, Dalam hal ini, kampus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Oleh karena itu kewajiban kampus untuk mengabdikan diri pada penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi masyarakat sangat perlu.

Suasana pemaparan materi
Suasana pemaparan materi

“Ada sejumlah persoalan kesehatan yang sedang melingkari kehidupan masyarakat dan itu menjadi bagian dari tanggung jawab mahasiswa, mengingat didalam Tridarma perguruan tinggi ada pilar pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, hari ini kami ada ditengah masyarakat Desa Obeng untuk berbagi ilmu kesehatan dengan masyarakat,” kata Tebe.

Tabe menjelaskan, Pelaksanaan kegiatan PPM ini masih berkaitan dengan Mata kuliah Malaria Integrasi KIA yang sedang dipelajari di semester ini. Lebih lanjut, persoalan malaria dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil. Jika diderita Ibu hamil apalagi pada daerah pelosok dan desa yang terbatas fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga medis seperti desa Obeng ini, maka akan menambah resiko pada ibu hamil dan janin mengingat ibu hamil seringkali mengalami perubahan secara fisiologi, perubahan hormon bahkan perubahan-perubahan pada jumlah cairan tubuh.

“Faktor faktor yang dijelaskan diatas dapat menambah resiko pada ibu hamil yang sedang di derita bahkan dapat menyerang Ibu Hamil dan janin dan tentunya sangat berbahaya,” jelasnya

Usai pemaparan materi dan diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan 18 paket kelambu pada Ibu Hamil di Desa Obeng.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Obeng Husen Salim menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada segenap Civitas Akademika STIKes CHMK yang telah datang membantu masyarakat desa yang dipimpinnya dalam persoalan bidang kesehatan.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat desa Obeng, saya mengucapkan terima kasih berlimpah kepala STIKes CHMK yang diwakili para mahasiswa atas kedatangannya di desa Obeng,” kata Salim

Menurut Salim, Penyuluhan yang dilakukan ini sangat penting di desa, mengingat masih terbatasnya fasilitas pelayanan kesehatan di desa ditambah jarak desa kami yang jauh dari pusat kota.

“Sehingga kegiatan ini penting untuk menambah wawasan masyarakat tentang kesehatan, khususnya kesehatan Ibu hamil. Oleh karena itu, saya mengharapkan seluruh peserta untuk menyimak dan mengikuti acara ini secara baik sehingga dapat ibu-ibu dapat menangani malaria,” Kata Kades Husen. (Pito)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *