Home / Pendidikan / Pramuka SMAK Giovanni Kupang Gelar Kegiatan Perkemahan

Pramuka SMAK Giovanni Kupang Gelar Kegiatan Perkemahan

98 Kali dibaca
IMG-20181210-WA0042

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Untuk pembekalan pengetahuan dan ketrampilan bagi para generasi bangsa khususnya anggota Pramuka SMA Katolik Giovanni Kupang melalui ekstrakurikuler Kepramukaan maka Gudep 011-012 SMA Katolik giovanni Kupang mengadakan kegiatan perkemahan ini selain pelantikan dewan Ambalan dan kenaikan tingkat Bantara, sebagai langkah awal dalam mencetak generasi yang handal yang memiliki berkepribadian baik dan berjiwa Pancasila serta dapat mewujudnyatakan Try satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari pada gugus depan 011-012 SMAK Giovanni Kupang.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis-Sabtu, 06-08 Desember 2018 bertempat di Kebun Yayasan Bina Insan Mandiri Oematnunu.

Adapun rangkaian kegiatan itu adalah Pelantikan Dewan Ambalan gugus depan Sma katolik Giovanni Kupang oleh RD.Yasintus Efi, S, Fil selaku KAMABIGUS.

Dalam arahannya beliau mengatakan kebanggaannya bagi seluruh peserta kegiatan ini, baik pelatih, pembina, peserta pramuka gugus depan 011-012 SMA Katolik Giovanni yang rela meninggalkan orangtua, keluarga serta dapat menahan diri dalam berbagai kesenangannya masing-masing untuk tinggal di alam terbuka dalam rangka menyukseskan kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh gudep 011-012 SMA Katolik Giovanni Kupang.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam menumbuhkan sikap patriotisme dan nasionalisme, disiplin, tanggungjawab, mengasah mental yang lebih baik dan membentuk jiwa kepemimpinan bagi anggota pramuka reguler sebagai insan muda dalam menghadapi dunia global,” jelasnya.

Kegiatan lanjutan yakni Pelantikan kenaikan tingkat Bantara Gugus depan oleh Kak Mery Kehi Seran, S.Sos selaku Ketua Gudep 011-012 SMA Katolik Giovanni Kupang.

Mery berpesan kepada para anggota pramuka yang baru dilantik, agar para pramuka penegak yang sudah dilantik menjadi penegak Bantara dapat memberi contoh dan teladan yang baik bagi teman-teman disekolah, serta lebih dewasa dalam bersikap dan bertingkah laku sebagai wujud dari pengamalan Try satya dan Dasa Darma.

Peserta perkemahan adalah Para pelatih, para pembina dan anggota pramuka SMA Katolik Giovanni Kupang yang dilantik.

Kegiatan perkemahan pelantikan dewan ambalan dan kenaikan tingkat bantara Gudep 011-012 SMAK Giovanni Kupang yang dilaksanakan di kebun yayasan Bina Insan Mandiri terlaksana dengan baik. Berbagai materi pembelajaran yang berguna bagi pengetahuan anggota pramuka diberikan oleh para pemateri yakni:
1.RD. YASINTUS EFI,Pr. S.FIL (KAMABIGUS)
2.Kak, KAROLUS KALESAR.S.Ag.S.Pd (Pelatih gerakan pramuka kota Kupang)
3.Kak, IRVAN MEGA ( Anggota Bidang Siaga Bencana Kwarda NTT)
4.Kak, DENI LABINTE (Pembina Pramuka Kota Kupang)
yang didukung oleh para pembina dan pembantu pembina Gugus Depan 011-012 SMA Katolik Giovanni Kupang Yakni:
1.Kak Mery Kehi Seran, S.Sos ( Ketua Gugus depan )
2.Kak, Lasmini Harmastuti,S.Pd (Pembina)
3.Kak, Marianus riang hepat, S.Pd(pembina)
4.Kak, Fransiska kabelen, S.Pd (pembina)
5.Kak, Selvi Rosita Bani, S.Pd (pembina)
6.Yohanes fuji, S,Pd (pembina)
7.Maria Fatima Seran,S.pd (pembina)

Selain itu berbagai kegiatan menarik lainnya seperti kegiatan kerja bakti dan OutBond yang juga turut mengisi rangkaian kegiatan dalam perkemahan ini disamping dua kegiatan utama yaitu pelantikan dewan Ambalan dan kenaikan tingkat Bantara. Anggota yang mengikuti kenaikan tingkat Bantara adalah anggota pramuka reguler yang telah melaksanakan ujian SKU yang berjumlah 40 orang. Dan pada malam terakhir diadakan pembakaran Api unggun yang merupakan kegiatan penutup perkemahan pramuka Sma Katolik Giovanni Kupang.

Ronis Natom, Pito Atu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini