Home / Pendidikan / Sambut Pesta Perak, KMK Fisip Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sambut Pesta Perak, KMK Fisip Gelar Pelatihan Jurnalistik

124 Kali dibaca
IMG_5878

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Pada tanggal 25 April 2019 mendatang, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) ST. Agustinus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) berusia 25 tahun.

Menyambut perayaan Pesta Perak ke 25, KMK Fisip Undana menggelar Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan yang bertemakan “Kreatifitas Tanpa Batas” dihadiri 100 Mahasiswa, baik dari Undana, maupun dari sejumlah kampus yang ada di Kota Kupang, NTT yang berlangsung di aula kampus STIM Kupang, Sabtu 23 Februari 2019.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa diperkenalkan dengan dunia jurnalistik, terlebih khusus menyangkut keberadaan media online yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) NTT Joey Rihi Gah dan juga materi Investigasi yang disampaikan oleh Yohanes Seo Kontributor Koran Tempo NTT.

Ketua KMK Fisip Undana Engel Galus dalam sambutannya mengharapkan kepada peserta pelatihan menjadi seorang jurnalis yang profesional, menjadi jurnalis yang akurat dan berguna bagi bangsa dan negara.

“Selepas kegiatan Pelatihan Jurnalis Beberapa hal yg sangat penting, dari kita yang ada bila suatu saat menjadi seorang jurnalis maka jadilah jurnalis yang profesional, akurat dan bergunan bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Pembina KMK Fisip Undana yang juga merupakan Pembantu Dekan satu Fisip Undana Dr. Blajan Konradus, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para pemateri yang senantiasa memberikan ilmu jurnalis kepada para mahasiswa.

Menurut Pria asal Lembata ini, Membaca apa yang di buat oleh Panitia Pelaksana, secara khsusus mengenai tema kegiatan yakni Kreatifitas Tanpa Batas, disampaikannya bahwa dalam konteks hari ini.

Ia mengharapkan kepada para peserta yang hadir agar belajar menjadi jurnalis dan disajikan secara tertulis baik medsos ataupun eletronik secara baik dan benar.

Dalam pemaparan materi tersebut, Joey Rihi Ga menjelaskan, media online di Indonesia, khususnya di NTT berkembang sangat pesat. Kehadiran media online, jelas dia, semakin mempermudah siapa saja dalam mengakses informasi secara cepat dan efektif.

“Media online merupakan generasi ke empat dan bersentuhan langsung dengan internet. Siapa saja, terutama pengguna android, atau pengguna internet, bisa dengan mudah mengakses suatu peristiwa atau kejadian dengan sangat cepat,” ujar Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Online Seputar-NTT ini.

Sementara Kontributor Media Nasional Tempo, Johanes Seo dalam kesempatan itu membekali para Mahasiswa tentang teknik investigasi berita yang baik dan benar.

Pito Atu

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini