Home / Polkam / Sekda Kota Kupang Dilantik, Wali Kota Minta Bangun Komunikasi

Sekda Kota Kupang Dilantik, Wali Kota Minta Bangun Komunikasi

145 Kali dibaca
inbound2597136886516253399

Bagikan Halaman ini

Kota Kupang, penanusantara.com – Setelah kurang lebih dua tahun berproses dan sempat diisi oleh Penjabat Sekda, akhirnya Pemerintah Kota Kupang memiliki Sekda Definitif. Sejak Sekda sebelumnya Bernadus Benu, SH, M.Hum., pensiun per 31 Agustus 2018 lalu, jabatan tersebut bergantian diisi oleh tiga orang Penjabat Sekda, mulai dari Ir. Thomas Jansen Ga, MM lalu digantikan oleh Drs. Yos Rera Beka dan terakhir dijabat oleh Ir. Elvianus Wairata, M.Si.

Senin (3/8) sore tadi, Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H. secara resmi melantik Fahrensy Priestly Funay, S.E, M.Si, mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kupang menjadi Sekretaris Daerah Kota Kupang yang baru.

Dalam sambutannya Wali Kota menyampaikan Sekda definitif yang dilantik hari ini dipandang cakap, mampu dan kompeten karena telah melalui proses seleksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT selaku wakil pemerintah pusat di daerah yang telah mengawal dan memberi arahan sejak proses seleksi dimulai hingga akhirnya pelantikan terlaksana. Diakuinya proses dapat berlangsung cepat berkat dukungan penuh dari Gubernur NTT.

Menurut Wali Kota, pelantikan dilangsungkan segera setelah rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) diterima Senin (3/8) pagi. Kemudian hasil rekomendasi itu disampaikan kembali ke Gubernur untuk mendapat restu. Surat Gubernur baru diterima sore sekitar pukul 17.15 wita, sehingga Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kota Kupang tersebut pun berlangsung sore menjelang pukul 18.00 wita.

Wali Kota mengatakan respon cepat Gubernur merupakan bukti kesediaan Pemerintah Provinsi untuk mendukung program-program yang ada di Kota Kupang. Karena sekda memiliki peran strategis dalam pelaksanaan pemerintahan di Kota Kupang.
Terima kasih juga disampaikan Wali Kota kepada panitia seleksi yang telah melaksanakan tahapan seleksi hingga akhirnya diperoleh 3 nama kandidat yang layak dipertimbangkan untuk menduduki jabatan Sekda Kota Kupang.

Tak lupa terima kasih juga Wali Kota sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kupang yang telah berkenan merelakan putera terbaiknya untuk mengabdikan diri di Kota Kupang. Pada pelantikan tersebut turut hadir Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, S.H., M.Th. bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang , Ir. Robert Laha yang diundang sebagai saksi pelantikan bersama Sekda Kabupaten TTS Marthen Selan, S.H.

Tak lupa Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada Ir. Elvianus Wairata, M.Si yang telah menjabat sebagai Penjabat Sekretaris Daerah sejak Juni 2019 lalu dan turut berperan dalam proses seleksi selaku ketua tim sekretariat panitia seleksi.

Kepada Sekda definitif yang baru dilantik Wali Kota menyampaikan selamat dan berpesan pelantikan hari ini perlu disyukuri dan dimaknai sebagai suatu kepercayaan dari Tuhan dan masyarakat Kota Kupang, melalui mekanisme manajemen kepegawaian yang telah berjalan dengan semestinya.

Pelantikan hari ini menurutnya menjadi penting karena Sekretaris Daerah mempunyai tugas strategis yaitu membantu kepala daerah menyusun kebijakan dan pengoordinasian administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah, serta pelayanan administratif.

“Saya berharap, Sekretaris Daerah dapat melaksanakan tugas dan fungsi Sekretaris Daerah dengan baik dan penuh tanggung jawab. Di samping itu juga, Sekretaris Daerah harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kota Kupang berjalan sesuai dengan perencanaan,” tambahnya.

Untuk itu menurutnya dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral, dan komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kota Kupang tercinta ini.

Wali Kota juga mengimbau kepada Sekretaris Daerah yang baru dilantik, agar dapat membangun komunikasi dengan jajaran Pemerintah Kota Kupang serta mengerahkan perangkat daerah untuk melaksanakan serta menyukseskan berbagai program kerja dengan mengedepankan visi dan misi Pemerintah Kota Kupang.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, S.Sos., Kajari Kota Kupang, Wakapolres Kupang Kota, Kasdim 1604/Kupang, Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Riwu Kore – Manafe, para anggota panitia seleksi pejabat tinggi pratama sekda, para asisten Sekda Kota Kupang, para pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang serta para camat dan lurah, juga istri serta keluarga dari Sekda Kota Kupang. (*PKP_ans/ghe/chr/el)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini