Soal 2,5% Surat Suara, KPU Belu : Dalil Tidak Masuk Dalam Permohonan, Novan Sebut Ada Tanda Terima

  • Whatsapp
Foto : Kuasa Hukum Sahabat, Novan Manafe, SH dan Ketua KPU Belu Mikael Nahak, foto sebelum sidang di MK, Selasa, 26 Januari 2021.
banner 468x60

Kupang, penanusantara.com – Ketua Komisi Pelilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu Mikael Nahak menyebut bahwa dalil Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Belu Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan, atau akrab dikenal dengan tegline Sahabat yakni Alokasi penambahan dan pengurangan surat suara tambahan atau cadangan 2,5% (persen) saat Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Belu berlangsung pada 09 Desember 2020 lalu tidak masuk dalam permohonan.

Hal itu disampaikan Mikhael saat dikonfirmasi media ini, Rabu, 27 Januari 2021 melalui sambungan telepon.

Read More

banner 300250

Dikatakan Mikael, pihaknya ingin mengklarifikasi terkait yang disampaikan saat sidang, beberapa poin yang telah disampaikan oleh kuasa hukum paslon Sahabat soal dalil pendistribusian kertas suara tidak masuk dalam permohonan sementara dalil itu baru dibuat dan disampaikan kemarin.

“Kami ingin klarifikasi terkait apa yang disampaikan di depan sidang, terkait beberapa poin itu adalah poin tambahan yang diatur dalam tata cara dalam perubahan permohonan, itu dalil tidak ada, ada berapa kali yang dibacakan salah satunya itu bahwa ada semacam disebutkan bahwa dalam pendistribusian surat suara, dalil itu baru dibuat disampaikan di sidang kemarin dan itu diluar dari dalil yang sudah diserahkan ke MK dalam masa perbaikan,” ujar Mikael

Dijelaskan Nahak terkait adanya penambahan dan pengurangan surat suara saat pendistribusian logistik dimaksud, surat suara yang dipakai itu sudah termaksud sejumlah surat suara cadangan.

“Jadi berbeda dengan pemilu nasional, pemilu kemarin-kemarin itu kita pisahkan, cadangan tetap 2,5 persen DPT dalam setiap TPS, Bagaimana kita katakan kurang atau lebih ketika distribusi logistik, berapa jumlah surat suara yang diterima itu surat suara yang pasti akan digunakan dan dilaporakan,” katanya.

Nahak menambahkan, pihaknya sesuai rumus yang telah dihitung jumlah DPT dari setiap TPS ditambah 2,5% tidak dipisahkan lagi dan terbukti pada 426 TPS itu tidak pernah ada yang mengeluhkan bahwa surat suara habis atau tidak cukup.

Kalau pun ada kelebihan, dijelaskan Nahak, surat suara tidak digunakan. ini membuktikan bahwa surat suara tidak dimanipulasi untuk kepentingan apapun.

“Surat suara yang lebih tidak digunakan berarti bahwa surat suara kalau pun lebih tidak bisa digunakan, lalu surat suara kurang solusi kita bahwa dia (pemilih.red) juga bisa mengalihkan pemilih ke TPS terdekat atau kalau 1 desa itu hanya ada satu TPS jadi dia (pemilih.red) bisa mengambilnya dari TPS sebelah, boleh, ambil terhadap kekurangan surat suara, khususnya bagi pemilih cadangan yang menggunakan KTP,” tambahnya

Dikatakan lagi Komisioner KPU Belu dua periode ini, Substansi umumya bahwa kalau dalam konteks beracara, kemarin itu tidak dalam dalil pemohon, jadi dalam bercara itu disebut dalil baru yang memang itu kemarin sudah ditegur mahkamah,” paparnya.

Terpisah, Kuasa Hukum Paslon Sahabat Novan Manafe, SH dikonfirmasi mengatakan, Permohonan kemarin yang pihaknya bacakan itu sudah pihaknya masukan, dan sudah diterima dan tanda terimanya ada.

Tanda Terima, Dalil permohonan yamg dikeluarkan oleh Panitera MK.
Tanda Terima, Dalil permohonan yamg dikeluarkan oleh Panitera MK.

Diberitakan sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan, atau akrab dikenal dengan tegline Sahabat kembali menyampaikan dalil yakni terjadinya Alokasi surat suara saat Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Belu berlangsung pada 09 Desember 2020 lalu.

Sesuai bukti yang telah didalilkan, Alokasi Surat Suara terjadi kelebihan dan kekurangan di TPS-TPS yang telah disengketahkan.

Disampaikan Kuasa Hukum Pemohon, Novan Manafe, SH dalam sidang pendahuluan singketa Pilkada Belu, Selasa, 26 Januari 2021, Pendistribusian logistik sesuai PKPU nomor 8 tahun 2018 adalah surat suara yang diterima termaksud cadangan yang seharusnya 2,5 % namun faktanya terjadi kelebihan dan kekurangan surat suara cadangan. (tim)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *