Home / Daerah / Tanggapan Bupati Sumba Barat Daya Soal Penertiban Pasola

Tanggapan Bupati Sumba Barat Daya Soal Penertiban Pasola

297 Kali dibaca
inbound5797001647538904999

Bagikan Halaman ini

Tambolaka, penanusantara.com – Dalam rangka merayakan pesta rakyat Sumba Barat Daya (SBD), yang digelar dilapangan Homba Kalayo Kec. Kodi Bangedo, Desa Waikaninyo, Sumba Barat Daya (SBD).

Bupati Sumba Barat Daya (SBD) Kornelis Kodi Mete yg ikut hadir pada acara tersebut menyampaikan kepada awak media mengenai penertiban pasola sabtu (15/2) siang lalu di lapangan Homba Kalayo, Desa Waikaninyo-Kecamatan Kodi Bangedo usai menonton pasola di wilayah tersebut.

Nelis mengungkapkan bahwa pihak pemerintah daerah ke depannya bertekad menghidupkan pasola Homba Klayo seperti kelas pasola lainnya di wilayah Kodi.

“Nanti kedepan saya dan pemerintah desa akan berkomitmen untuk merencanakan agar di tahun 2021 ada pembenahan mulai dari kuda, manusia, dan hal-hal lain-nya yang berkaitan. Nanti kita akan tata bagus. Mungkin saja kedepannya nanti kendaraan tidak boleh masuk arena dan disediakan tempat parkir yang jauh. Para pengujung yang datang harus berjalan kaki menuju tempat antraksi pasola,” ungkapnya.

Ditambahkan Politisi PDIP ini, Sepanjang perjalanan nanti harus ada pepohonan sehingga para pengujung tidak kepanansan.

“Untuk lapangan yang digunakan sudah bagus dan indah, dan harapan saya ke depan Kuda yang digunakan harus banyak. Itu dari penglihatan saya dan tekad kita kedepan supaya parawisata betul-betul bagus,” tambahnya lagi.

Pantauan media ini, pelaksanaan pasola di Homba Kalayo yang di hadiri para pengunjung dari berbagai wilayah di Sumba, maupun dari luar pulau sumba, dan manca negara ini berlangsung aman dan tertib. Walaupun sempat terjadi kekacauan namun pasola bisa dilanjutkan kembali.

Hadir dalam kesempata itu, Wakil Bupati Marthen Cristian Taka, Kapolres Sumba Barat Daya (SBD) AKBP. Josef Mandagi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pihak TNI dan Polri.

Laporan : Oktavianus Saingu

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini