Wabup Manggarai : Wujudkan Pendidikan Demokratis, Bermutu dan Akuntabel

  • Whatsapp
banner 468x60

Ruteng, penanusantara.com – Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur mengingatkan para Kepala Sekolah di wilayah itu untuk mewujudkan pendidikan yang demokratis, bermutu, dan akuntabel

Hal ini kata dia, merupakan misi ketiga dari lima misi Kabuapaten Manggarai periode 2016 – 2021.

Read More

banner 300250

“Pendidikan demokratis artinya pendidikan yang bisa dinikmati oleh semua orang, bermutu berarti pendidikan yang memperhatikan mutu, baik dari pendidik, peserta didik, maupun infrastruktur pendukung. Sedangkan pendidikan yang akuntabel berkaitan dengan manajemen yang dilakukan secara bertanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Wabup Madur dalam acara pelantikan 32 Kepala Sekolah (Kepsek) di Aulah Ranaka, kantor Buapati Manggarai, Selasa (13/02/2018).

Terkait Dana BOS, Wakil Bupati Victor Madur mengingatkan agar sekolah fokus dalam pengelolaan, pengadministrasian, dan pelaporan.

“Salah satu penyebab Pemerintah Kabupaten Manggarai tidak mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPKP Perwakilan NTT Tahun 2016 adalah pengelolaan Dana BOS dan Aset. Kepala sekolah yang baru dilantik wajib fokus menyelesaikan hal ini,” terangnya.

Lebih jauh Ia juga menekankan bahwa pentingnya sikap transparan dalam pengelolaan keuangan sekolah.

“Keterbukaan, transparansi, dan ketulusan hati itu penting. Setiap pungutan yang dibuat di sekolah harus sepengetahuan semua pihak terutama orang tua murid. Bukan tidak mungkin, Tim Siber Pungli akan mengawasi pelaksanaan kegiatan di Sekolah”, tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ia menegaskan bahwa sekolah tidak memiliki kewenangan untuk menerima guru komite.

Menurut Viktor, Kebutuhan guru-guru, terlebih dahulu diusulkan ke Dinas Pendidikan untuk kemudian dipertimbangkan. Hal ini dilakukan dalam kaitan dengan pemberian tunjangan bagi para Guru Komite.

Pihak sekolah pun harus menyampaikan data yang valid terkait jumlah guru komite sehingga hal itu acuan dalam penganggaran tunjangan komite.

“Tugas utama saudara adalah sebagai seorang guru. Bila di sekolah mengalami kekurangan guru, maka para kepala sekolah wajib mengisi kekosongan tersebut sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Kepala Sekolah bersama seluruh unsur yang ada di sekolah juga wajib menyiapkan peserta didik dengan baik untuk menjelang pelaksanaan Ujian Nasional beberapa waktu ke depan,” pesan Wakil Bupati Victor Madur.

Data yang diperoleh Penanusantara.com Kamis, (15/2/2018) pengambilan sumpah dan pengakatan para kepala sekolah itu merujuk pada Surat Keputusan Bupati Manggarai Nomor HK/61/2018 tanggal 25 Januari 2018, tentang Pengangkatan Kepala Sekolah Menengah Pertama Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Para Assisten Setda Kabupaten Manggarai, sejumlah pimpinan OPD dan tamu undangan lain. Romo Ferdinandus Mayus, Pr hadir sebagai saksi rohaniwan, sedangkan yang menjadi saksi PNS adalah Drs. Bogos Hubertus selaku Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai dan Drs. Teodorus Taram selaku Sekertaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Manggarai.

Kons Hona, Pito Atu

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *