Antara Muhammadiyah & Muhammad dalam Sepirit Monotesime’ Rakyat tanpa Kelas

  • Whatsapp
Ket Foto : Hamid Nasrudin Anas "Aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah NTT"
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – “Proletariat sebagai satu ciri Nabi muhammad” Keberpihakan Nabi Muhammad dalam membela kaum lemah, dan pertentangan masyarakat tampa kelas terlihat begitu mirip dan dominan sama persis dengan konsistensialisme ala Muhammad Darwis tokoh pendiri Muhammadiyah.

K.H Ahmad Dahlan sebagai putra jawa yang lahir dan tumbuh ditengah-tengah feodalistik kekratonan Jogja melihat ada posisi masyarkat kelas, keyakinan turun temurun yang susah dilepas sukunya, dan penindasan Borjuis zaman penjajahan.

Dengan posisi yang sama yang dialami Nabi Muhammad sebagai representasi kelas tertindas, hal ini ditegaskan Marx sebagi tokoh filsuf berpaham sosialisme.

“Revolusi Muhammad dalam prespektif sejarah”
Pada konteks sejarah, kita dituntun dan dan ditampilkan untuk menikmati seni perang ideologi dan kekuasaan yang eksotis dicontohkan Nabi. Paham politeisme bangsawan arab dihantam dengan ideologi monoteisme rumusan Muhammad.
rumusan ini tidak sekedar dicurahkan dari langit akan tetapi, ia merupakan satu kesatuan proses sejarah dan pergulatan ideologis spiritual Nabi yang telah diwarisi Nya sejak masa kanak-kanak hingga dia berhasil meletakkan dasar-dasar kehidupan masyarakat tanpa kelas dan yang membedakan
hanyalah ketakwaan.

Sekat-sekat qobilah telah nabi hancurkan, Salah satunya dengan pernikahan silang antar qobilah. Tindakan berani tersebut dilakukan nabi pasca tiba di Madinah. Hal tersebut merupakan upaya-upaya negoisasi dan pembangunan kesadaran kultural sebagaimana seruan Gramsci (1891-1937) dalam rangka menyebarkan ide-ide melalui sistem nilai (agama), kelompok partikular sosial dan nilai-nilai budaya.

“Reinkarnasi Nabi Muhammad pada Tubuh persyerikatan Muhammadiyah”

Ide Nabi Muhammad itu ide penolakan dan perlawanan terhadap perbudakan, feodal, dan yang di cita citakan adalah masyarakat tanpa kelas. tauhid adalah kunci perang semesta melawan ide politeistik penyebab segala kejumudan dan ketimpangan sosial. Wasilah-wasilah ideologis nabi mapankan satu-persatu meliputi pendidikan, ekonomi, politik, sosial, hukum, budaya, dan moral.

Muhammadiyah dengan format persyerikatannya tidak hanya memberi nilai tapi lebih dari itu Muhammadiyah melahirkan nilai nilai yang diyakini Pemimpin Muhammad.

Dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang dirumuskan Muhammadiyah adalah internalisasi dari apa yang dicita citakan Nabi saat itu.

Muhammad dalam lensa common sense umat Islam dunia, merupakan sosok revolusioner sejati yang melawan struktur ketidakadilan yang telah mapan di Makkah saat itu.

Kebiasaan orang melihat Nabi Muhammad SAW kendati dia adalah seorang utusan yang mengemban amanah keilahian bagi kebaikan kehidupan manusia.

Sepirit revolusi monoteisme ala Nabi kini diperkuat oleh Muhammadiyah dengan pendekatan dan internalisasi nilai nilai yang santun dan lembut, Muhammadiyah memang tidak menghunuskan pedangnya ke araha kaum mustakbirin atau borjuis. tapi oligarki tentu ketar ketir kalau seketika Muhammadiyah nyatakan perang terhadap Nya.

Tidak heran sebab Muhammadiyah merumuskan sterategi strateginya dalam wilayah “pendidikan agar terciptanya akademisi islam yang sebenar benarnya, Akademisi ini disiapkan Muhammadiyah untuk menguasai teori teori politik, ekonomo, hukum, humaniora dll.

Kendati Muhammadiyah mempersiapkan revolusi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Muhammadiyah selalu menggunakan pendekatan yang halus, kadang keras dan kadang akumulatif. sebab bagi Muhammadiyah dalam melihat Borjuis dengan motif penindasan dan perbudakan perlu berbagai komponen yang mumpuni, oleh karenya Muhammadiyah memperluas amal usahanya meliputi rumah sakit, bantuan hukum, pendidikan, lumbung akademisi, kader kadernya yang merambak kedunia politik fakta, akademisi, praktisi, dan seterusnya. hal ini dilakukan Muhammadiyah untuk menyelematkan potensi kerusakan yang berlebihan terhadap umat manusia dan alam.

h.n.anas

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *