Antisipasi Tanah Longsor dan Banjir, Pemda Matim Gelar Rapat Terbatas

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah (Sekda) Matim Ir. Boni Hasudungan memimpin rapat terbatas antisipasi bencana tanah longsor dan banjir
banner 468x60

Borong, penanusantara.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Matim Ir. Boni Hasudungan memimpin rapat terbatas antisipasi bencana tanah longsor dan banjir bersama perangkat daerah terkait yang berlangsung di ruang rapat Bupati di Lehong pada Senin (4/10).

Rapat dimaksud untuk membahas langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Hal ini juga terkait dengan tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Manggarai Timur setiap tahunnya.

Sekda Matim menyampaikan bahwa kondisi cuaca di Kabupaten Manggarai Timur menjadi salah satu tantangan tersendiri, karenanya perlu disiapkan langkah-langkah antisipasi menghadapi musim hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi diakhir tahun dan diawal tahun.

“Wilayah Manggarai Timur mengalami curah hujan yang cukup tinggi diakhir dan diawal tahun. Langkah antisipasi menjadi sangat penting, sekaligus menyikapi persiapan kita untuk menghadapi musim hujan”.

Sekda Boni menjelaskan, berdasarkan  pengalaman ketika musim hujan bencana yang paling sering terjadi adalah banjir dan tanah longsor dan lokasi rawan banjir adalah di wilayah selatan dan utara khususnya di pantai Borong.

Rapat ini juga menjadi sarana untuk kembali melihat bersama potensi banjir dan tanah longsor di lokasi-lokasi rawan. Selain banjir dan longsor, akibat lanjutan dari curah hujan yang tinggi adalah munculnya penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

Hasil rapat menyepakati bahwa perangkat daerah terkait harus mempersiapkan langkah-langkah antisipatif sesuai tupoksi, sarana, prasarana, logistic dan sumber daya manusia untuk kondisi darurat bencana akibat musim hujan.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala BPBD Matim Petrus Sudin, Kadis BLHD Matim Donatus Datur, Kadis Ketahanan Pangan Herman Kodi, Kaban Keuangan Matim Ir. Abdulah, Kadis PUPR Matim Yohanes Marto, Sekretaris Kominfo Matim Marten Ngasa, Babinsa dan Babinkamtibmas Kecamatan. (*/Kontributor Manggarai Timur, Silva Jr.)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *