Apresiasi Karya Danding Nardi Virgo, Dispar Matim Ajak Anak Muda Ambil Bagian Dalam Pelestarian Budaya

  • Whatsapp
Frans Bukardi, SS - Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Timur (doc. pribadi)
banner 468x60

Borong, penanusantara.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, NTT melalui Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan, Frans Bukardi, SS mengapresiasi karya danding dari Nardi Virgo yang ditayangkan melalui channel YouTube miliknya.

Dihubungi media ini, Selasa (28/9), Bukardi menjelaskan, danding adalah bagian dari unsur pemajuan kebudayaan selain adat istiadat, bahasa, tradisi lisan, permainan rakyat, teknologi, dan lain-lain. Itu semua hasil cipta, rasa dan karsa nenek moyang yang sampai hari ini masih ada dan terjaga.

Read More

banner 300250

Dirinya mengharapkan semua hasil cipta, rasa dan karsa ini menjadi kebanggaan bersama dan mengambil bagian dalam upaya pelestariannya, mengembangkan secara kreatif agar tidak saja lestari tetap juga berdampak ekonomis.

“Semangat dan komitmen kita mesti satu dan kuat. Identitas pembeda ini tidak boleh luntur apalagi hilang. apa yang dilakukan oleh Nardi adalah salah satu bentuk upaya pelestariannya. Menghadirkan pesan-pesan moral melalui musik yang berirama pop yang akrab dengan kaum muda kita,” ujarnya.

Dirinya mengajak anak muda Manggarai Timur untuk terus ambil bagian dalam pelestarian kebudayaannya.

“Saya mengajak anak muda Manggarai Timur untuk terus ambil bagian dalam pelestarian budaya. Bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya, saya mengajak anak muda untuk memilih Tari Vera ajang Anugerah Pesona Indonesia dengan cara ketik API 13i kirim ke 99386,” pungkasnya.

Sebelumnya media ini memberitakan seorang sosok yang mempopulerkan danding dari tanah rantau agar tidak asing dengan budayanya sendiri.

Melalui Channel YouTube Mb∆te Am€, Nardi Virgo mempopulerkan lagu Danding Manggarai dengan kombinasi musik modern.

“Takut kehilangan Mbate Dise Ame, Redong Dise Empo, maka tugas mulia dari seorang yang mencintai budaya dan memiliki tanggungjawab penuh terhadap pelestarian budaya maka saya mempopulerkan lagu danding ini,” kata Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Santo Paulus Ruteng itu. (Silva Jr.)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *