Aturan Baru Perkemendikbudristek soal Seragam Sekolah, SDI Lasiana Mulai Terapkan

  • Whatsapp
Wakil Kepala Sekolah SDI Lasiana menggunakan baju bebas dan kain ada di hari selasa
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – Peraturan Kementrian Pendidikan, Kebudaya, Ristek, dan Teknologi (Perkemendikbudristek) kembali mengeluarkan aturan terbaru seragam sekolah siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dalam Perkemendikbudristek No 50 Tahun 2022.

Dalam aturan tersebut, pakaian seragam sekolah dari SD hingga SMA di Indonesia terdiri dari pakaian seragam Nasional dan seragam pakaian Pramuka. Selain kedua aturan tersebut Sekolah juga dapat mengatur pakian khas daerah masing-masing untuk siswanya.

Read More

banner 300250
Wakil Kepala Sekolah SDI Lasiana menggunakan baju bebas dan kain ada di hari selasa

Sekolah Dasar Inpres (SDI) Lasiana telah menerapkan aturan tersebut kepada siswanya. Bukan hanya siswa saja namum Guru juga turut menerapkan aturan penggunaan seragam khas daerah yang dikeluarkan Pemkot Kupang.

“Hari Senin seragam Nasional bagi anak-anak dan guru pakai Keki, hari Selasa Guru pakai pakaian bebas yang polos dan memakai kain sarung adat sedangkan anak-anak pakai selendang, hari Rabu guru-guru pakai putih hitam dengan selendang di leher dan anak-anak pakai merah putih bersama rompi, hari Kamis guru pakai pakaian tenun asli sedangkan anak-anak hanya seragam Nasional dan selendang saja, hari Jumat guru menggunakan pakaian bebas rapi dengan kain ikat tenun dan anak-anak baju olahraga bersama selendang yang diikat di leher, sedangkan hari Sabtu anak-anak menggunakan Pramuka,” jelas Dominika Luruk, S. Pd, yang merupakan wakil Kepala Sekolah saat di temui di ruang guru pada, Selasa (11/10/2022).

Sekolah dilarang atau tidak diperbolehkan memberi beban pada orang tua wali murid atau orang tua siswa untuk membeli seragam sekolah baru saat penerimaan siswa baru maupun kenaikan kelas.

Selain itu, untuk aturan penggunaan seragam adat atau motif khas sekolah diatur oleh pemerintah daerah sesuai kewenangannya.

Pengaturan penggunaan seragam oleh Kemendikbudristek bertujuan untuk menumbuhkan rasa Nasionalime, kebersamaan, perkuat persaudaraan antara peserta didik, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antara peserta didik, meningkatkan kesetaraan antara orang tua murid maupun antara peserta didik, serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab peserta didik.

Laporan : Frengki Ladi

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *