Dinilai Janggal Penetapan Tersangka Santy Taolin, Polres Belu Digugat Praperadilan

  • Whatsapp
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – Santy Taolin resmi mendaftarkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Kelas IB Atambua, Belu pada Senin (11/01/2021). Permohonan praperadilan diajukan karena penetapan tersangka perempuan (IRT) Santy Taolin dalam perkara “Penggelapan dan pemalsuan akta authentiek” (sertifikat tanah) dinilai janggal.

Pengajuan praperadilan dilakukan oleh tim hukum Santy Taolin yakni, Helio Moniz De Araujo, Ferdinand Bae dan Cornelis D. Talok.

Read More

banner 300250

Permohonan praperadilan telah diterima
Berdasarkan Tanda terima pelimpahan berkas perkara Praperadilan yang diterima oleh Panitera Sega Hendricus, SH pada Senin, 11 Januari 2020, pukul 14.15 Wita.

Salah satu kuasa hukum, Helio Moniz De Araujo kepada media ini mengatakan, pihaknya mengajukan gugatan praperadilan terhadap tindakan termohon (Polres Belu) karena menetapkan kliennya sebagai tersangka secara tidak adil dan dinilai janggal.

Menurut Helio, sapaan akrabnya, Termohon telah melakukan tindakan sewenang-wenang dengan menetapkan kliennya sebagai tersangka dengan memanggil untuk diambil keterangan sebagai tersangka melalui Surat Panggilan Nomor: SP/ 01/ I/ 2021/ Reskrim Tanggal 04 Januari 2021.

“Oleh karena itu penetapan kliennya sebagai tersangka adalah batal demi hukum atau setidak-tidaknya tidak sah,” ungkap Helio.

Menurut Helio, kliennya ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara “Penggelapan dan pemalsuan akta authentiek” (sertifikat tanah) milik ayah kandungnya alm. Dominggus Taolin yang terletak di Jalan W. J. Lalamentik, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu yang telah diwariskan kepada kliennya untuk dimiliki.

Namun kemudian disengketakan oleh Ibu kandung kliennya sendiri, KL dengan dua orang saudari kandung ET dan HT dengan melaporkan ke Polres Belu sebagai tindakan penggelapan sebagaimana Laporan Polisi Nomor: LP/ 146/ VIII/ RES 7.4/ 2020 Tanggal 28 Agustus 2020.

Terpisah, pihak termohon (Polres Belu) dalam hal ini Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh melalui Kasat Reskrim, AKP Wira Satya Yudha, S.I.K, belum berhasil dikomfirmasi media ini. (*pito)

Foto : Ilustrasi

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *