Kapal Tenggelam di Perairan Taman Nasional Komodo, Tim SAR Gabungan Evakuasi 24 Orang Korban

  • Whatsapp
Keterangan foto:Tim SAR gabungan tengah melakukan evakuasi terhadap korban tenggelam di Peraian Labuan Bajo, Selasa (28/6) pagi. Sumber foto:Dok.Basarnas Maumere.
banner 468x60

Labuan Bajo, penanusantara.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melalui Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi dari bapak Irfan pada Pukul 07.50 Wita bahwa telah terjadi kecelakaan Kapal Wisata Diana dengan berat 61 GT dengan POB (Person On Board) 24 orang tenggelam.

Dalam siaran pers yang diterima media ini, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi, mengatakan, lokasi tenggelamya di perairan Pulau Kambing dengan rute pelayaran Pelabuhan ASDP Labuan Bajo menuju Pulau Padar.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Kronologi yang didapatkan dari pelapor pada pukul 05.30 Wita, Kapal Wisata Tiana berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar.

Saat tiba di perairan Pulau Kambing, Kapal Wisata Tiana yang mengangkut Penumpang 18 orang, dan ABK 6 orang ini, diterpa cuaca buruk beserta gelombang tinggi sehingga Kapal Tiana tenggelam.

“atas izin Tuhan Kapal Wisata Andalucia kebetulan melintas di sekitar Kapal Wisata Tiana dan melaksanakan pertolongan terhadap 18 orang penumpang dan ABK 6 orang sementara 2 orang penumpang masih dalam pencarian,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah menerima informasi pada pukul 08.10 Wita diberangkatkan Tim SAR Rescue untuk melaksanakan operasi SAR.

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan salah satu korban atas nama J.Widaningsi, seorang perempuan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo.

Pada Pukul 10.10 Wita, korban terakhir ditemukan oleh Tim SAR Gabungan setelah melaksanakan proses penyelaman dari Basarnas Maumere (Pos SAR Manggarai Barat) dan Polair di sekitar lokasi kejadian.

Lanjutnya, korban kedua atas nama Anisa Firtiani dan langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo menggunakan ambulance RSUD Komodo Labuan Bajo.

“saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim SAR Gabungan diantaranya Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan Bajo, KPP Labuan Bajo, Kru ABK Andalucia yang telah sigap dan cepat melakukan pertolongan kepada korban tenggelamnya Kapal Wisata Tiana,” ungkap Kepala Basarnas Maumere. (*pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *