Komisi II DPRD Belu Temui Mendes PDTT, Bahas Persoalan Transmigrasi

  • Whatsapp
Komisi II dipimpin Elvis Pedrosa dan beberapa anggota diantaranya, Nini Wendelina Atok, Dewi Ballo, Aprianus Hale dan Yohanes Juang saat bertemu Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.
banner 468x60

Jakarta, penanusantara.com – Sinergi membangun daerah dengan semangat kekompakan antara pihak eksekutif di tingkat pusat dan legislatif kabupaten Belu rupanya benar-benar ditunjukkan di era kepemimpinan Ketua Komisi II DPRD Belu Elvis Pedroso.

Hal ini terlihat ketika rombongan Komisi II DPRD Belu menghadap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, Rabu, (16/03/2022).

Read More

banner 300250

Kunjungan Kerja ini diagendakan untuk berkoordinasi dengan Kemendesa PDTT Republik Indonesia terkait pembangunan desa terkhususnya masalah Transmigrasi di Kabupaten Belu.

Rombongan Komisi II dipimpin Elvis Pedroso dan beberapa anggota diantaranya, Nini Wendelina Atok, Dewi Ballo, Aprianus Hale dan Yohanes Juang.

Dalam pertemuan Kunker itu Ketua Komisi II Elvis Pedroso mengatakan, Kehadiran Anggota Komisi II begitu istimewa karena dapat bertemu langsung Mandes PDTT Abdul Halim Iskandar.

“Kami sampaikan terima kasih kerana bapak menteri bisa menyiapkan waktu menerima kami komisi II di ruangan ini. ini kehormatan bagi kami, karena bagi kami bertemu dengan bapak menteri saja sudah sangat luar biasa,” ucap politisi PKB ini.

Maksud kunjungan komisi II DPRD Belu, Dijelaskan Elvis terkait masalah transmigrasi, hal itu dikarenakan komisi II membindangi transmigrasi.

Ditambahkannya, Di Kabupaten Belu ada satu wilayah di UPTD Peibulak, Kecamatan Lamaknen Selatan berbatasan langsung dengan Timor Leste.

“Di tahun 2019 sudah dibangun pemukiman yang rencananya 100 unit tetapi dalam perjalanan hanya dibangun 25 unit, sisa 75 unit rumah yang belum dibangun atau dieksekusi sampai saat ini,” jelas Elvis.

“25 unit rumah sudah ada balai pertemuannya, posyandu, sekolah juga sudah ada hanya kendala yang terjadi adalah jalan yang dibangun masih jalan sertur, karena georafisnya pegunungan, ketika hujan merusaki semua jalan sehingga tidak bisa diakses,” sambungnya.

Selain itu, diuraikan Elvis bahwa adanya Trans Motabena yang ada di perbatasan Motaian, Trans Sanabibi yang ada di Tasifeto Timur dan Trans Tulatudik yang memiliki persoalan yang sama yakni air bersih dan jalan sehingga hal ini perlu ditingkatkan.

Sementara itu, Anggota DPRD Belu Yohanes Juang menambahkan titik lokasi yang ada di Lidak, Kecamatan yang mana sementara dipersiapkan untuk trans.

Ada transmigrasi yang dibangun oleh TNI, yang dibangun semi permanen sehingga pihaknya meminta adanya intervensi anggaran dari Kementerian untuk ditingkatkan.

“Rumah banyak yang sudah rusak, kalau ada yang perekonomian sudah bagus itu sudah menjadi tembok, tapi ada sebagian yang dipakai sampai hancur, minta perhatian bapak menteri,” ungkap DPRD 3 periode ini.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Komisi II Aprianus Hale yang mana dirinya sudah melaukan kordinasi bersama Dinas terkait bahwa adanya satu titik baru yang dilihat sesuai rencana tata ruang wilayah bahwa ada kawasan transmigrasi yang juga sudah disiapkan dan telah dimasukan dokumen sehingga saat ini menunggu tindaklanjut dari kementerian.

Hal lain juga disampaikan Anggota DPRD Fraksi Partai Amanat Nasional, Nini Wendelina Atok bahwa di Kabupaten Belu saat ini sedang melakukan usulan pemekaran desa, sehingga hal ini ini diharapkan Nini menjadi perhatian pemerintah pusat.

Menanggapi kunjungan Anggota Komisi II DPRD Belu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa banyak aspirasi yang disampaikan tentu akan pihaknya kombilasi mana yang mejadi kewenangan kementerian desa dan mana yang menjadi kewenangan Lembaga kementeria lain dan mana yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Ia pun menyampaikan terima kasih atas kehadiran Anggota Komisi II DPRD Belu.

Gus Menteri sapaan akrab Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan akan mendukung upaya Pemkab Belu dalam proses pembangunan.

“Saya tentu menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan anggota komisi II DPRD Belu, mudahan proses pembangunan di kabupaten Belu menjadi lancar,” katanya. (pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *