Kristofel Praing : Kegiatan Perbenihan untuk Memenuhi Kebutuhan Benih Sumba Timur

  • Whatsapp
Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing mengikuti panen Perbenihan Padi Sawah di Kelompok Tani Duta Karya, Desa Tanamanang Kecamatan Pahunga Lodu, Sabtu 14 Mei 2022.
banner 468x60

Waingapu, penanusantara.com – Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dan Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu, mengikuti panen Perbenihan Padi Sawah di Kelompok Tani Duta Karya, Desa Tanamanang Kecamatan Pahunga Lodu, Sabtu 14 Mei 2022.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Peternakan, Camat Pahunga Lodu, Kapolsek Pahunga Lodu, Danramil Pahunga Lodu, Kepala BP3K Pahunga Lodu, Ketua KTNA, para Kepala Desa di Kecamatan Pahunga Lodu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua dan para anggota Kelompok Tani, serta tamu undangan lainnya.

Read More

banner 300250

Kelompok Tani Perbenihan Desa Tanamanang telah melaksanakan kegiatan perbenihan padi sawah seluas 18 ha menggunakan  2 jenis varietas  yaitu  Inpari 32 dan inpari 42.

Pada hari ini dilakukan panen Raya untuk lahan seluas 8 Ha (Inpari 32) dan akan dikuti oleh proses panen berikutnya seluas 10 Ha (inpari 42) dengan menggunakan Sistem Kaji Terap dengan pengairan menggunakan pompa air dangkal bantuan Dinas Pertanian kabupaten sumba timur sejumlah 4 unit.

Adapun sumber air yang dimanfaatkan berasal dari sumur gali yang berada ditengah lahan pertanian berjumlah 16 unit.

Bupati Sumba Timur, Kristofel Praing mengatakan, Kegiatan perbenihan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan benih padi kabupaten Sumba Timur dan telah di pantau dan didampingi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP) Provinsi NTT.

Diakui Praing, Sejak awal persemaian, pertanaman sampai dengan panen yang selanjutnya akan diproses menjadi benih setelah dilakukan uji lab (proses sertifikasi sesuai ketentuan  dan aturan perbenihan padi sawah).

Ditambahkan ia bahwa Secara umum luas Perbenihan padi sawah Kecamatan Pahunga Lodu seluas 18 ha dengan potensi hasil calon benih sebanyak 95 ton apabila produktivitas 5-6 ton/ha.

Laporan : Bob Matt

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *