LKK PMKRI Cabang Kupang, Julie Sutrisno Laiskodat : Sejalan dengan Dekranasda Lakukan

  • Whatsapp
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat selalu mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia bagi kalangan anak muda maupun para aktivis pergerakan. Dukungan itu ditunjukkan dengan berbagai cara guna mendukung kegiatan pengembangan kapasitas organisatoris dan kapasitas personal kaum muda maupun aktivis pergerakan organisasi non Universiter.

Belum lama ini Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ini menerima audiensi para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Fransiskus Xaverius Cabang Kupang. Rombongan DPC PMKRI ini dipimpin oleh Ketua Deodatus Syukur bersama sejumlah pengurus DPC PMKRI Cabang Kupang. Audiensi tersebut berlangsung di Kantor Dekranasda NTT.

Read More

banner 300250

Pada kesempatan itu Deodatus Syukur menyampaikan pelaksanaan kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) yang berlangsung di Aula Frateran Bunda Hati Kudus (BHK) Oesapa. sebagai ajang Kaderisasi organisasi, Deodatus meminta Julie Sutrisno Laiskodat dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dekranasda NTT agar bisa memberikan materi pada kegiatan LKK yang mengambil thema Optimalisasi Ekonomi Menuju Bonus Demokrasi.

“Saya mendukung segala daya upaya yang dilakukan oleh Kakak Kakak dari PMKRI Cabang Kupang terkait pelaksanaan LKK. Bagi saya sebagai istri Gubernur NTT dan juga dalam berbagai kapasitas jabatan, saya harus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh anak anak muda termasuk kakak-kakak dari PMKRI Cabang Kupang,” kata Julie Sutrisno Laiskodat dalam kesempatan terpisah.

Ia mengatakan undangan untuk membawakan materi terkait pengembangan UMKM dalam kaitannya dengan Thema Optimalisasi Ekonomi Menuju Bonus Demokrasi belum bisa Ia hadiri karena ada berkaitan kesibukannya sebagai Anggota DPR RI di Jakarta. Meski demikian kata Ketua Tim Penggerak PKK ini, Ia akan mensupport kegiatan tersebut agar sukses terlaksana.

“Kita harus mendukung setiap upaya yang dilakukan oleh Kakak Kakak aktivis pergerakan dalam mengembangkan sumber daya manusia melalui kegiatan LKK. Bagi saya kegiatan tersebut sangat bagus, Themanya juga sangat bagus untuk memotivasi anak anak muda maupun para aktivis pergerakan untuk berbicara soal pengembangan ekonomi dan berwirausaha. Sama seperti yang Dekranasda lakukan selama ini dalam memfasilitasi pelaku UMKM. Saya siap berkolaborasi dengan siap saja untuk berwirausaha atau menggagas UMKM,” jelasnya.

Ia mengatakan selain menumbuhkan, membumikan idealisme dan Jiwa kekritisan, Ia Mengajak para anak muda bagi yang berorganisasi maupun yang tidak berorganisasi untuk mulai melirik sektor UMKM sebagai jalan untuk mulai berbisnis.

“Mari kita berkolaborasi untuk membangun sektor UMKM. Dekranasda siap memfasilitasi bagi anak muda yang mau berwirausaha. Yang penting punya konsep dan produk yang mau digeluti,” ujarnya.

Untuk diketahui PMKRI Cabang Kupang menggelar Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) selama satu Minggu terhitung sejak tanggal 5 sampai 11 Juni 2022 berlangsung di Aula Frateran Bunda Hati Kudus Oesapa, Kota Kupang.

Ketua Panitia LKK, Dalmasius Amtonis dalam laporan panitianya, Minggu, (05/06/2022) mengatakan, kegiatan LKK tersebut untuk meningkatkan intelektualitas melalui rutinitas kegiatan organisasi.

Kata dia, LKK tersebut sebagai ruang untuk meningkatkan dan mempertajam pemikiran dan analisis terhadap masalah sosial.

Tujuan kegiatan itu, kata dia, pertama, mengasah gairah dan kepekaan kader PMKRI Cabang Kupang terhadap persoalan kehidupan masyarakat. Kedua, Meningkatkan kapasitas kader dalam membedah dan memberi solusi terhadap persoalan di lingkungan masyarakat. Ketiga, membentuk karakter kepemimpinan kader yang berpihak kaum tertindas

Ia menjelaskan Peserta kegiatan berjumlah 100 orang. peserta 50 orang dan panitia pengarah 16 orang

Di Akhir laporan, Dalmasius menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni PMKRI dan para donatur yang telah membantu mereka untuk menyukseskan kegiatan LKK PMKRI Cabang Kupang.

Sementara itu Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang Periode 2021/2022, Deo Syukur Dalam Sambutannya Menyampaikan latihan kegiatan kader ini merupakan kegiatan Formal PMKRI kupang tentu selama Kegiatan Berjalan. Ia Menyampaikan agar sekiranya bisa mengikut Rangkaian Kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

“Karena dalam latihan kepemimpinan dasar ini kita menemukan banyak hal salah satunya adalah mempertajamkan Nalar kritsi kita untuk mengenal Masalah-masalah yang terjadi di NTT. Saya mengharapkan agar peserta mengikut kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” ujarnya

“Bahwa anak muda hari ini di tengah situasi banyak sekali menggerus semangat, maka harus kembali sadar bahwa masa depan NTT ada di kita yang sedang mengikut LKK oleh karena itu peserta harus mengikut kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena kondisi hari ini banyak sekali masalah ekonomi yang sedang menggerus salah satunya persoalan stunting dan lingkungan yang sering terjadi di NTT dan PMKRI Harus mampu mendiskusikan Persoalan-persoalan ini,” sambungnya. (*pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *