Pembukaan Sidang 3 DPRD Belu, Aneh! Sidang Diatas Sidang, Pengamat : Secara Substansi Sudah Benar

  • Whatsapp
Pakar Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana Kupang Doktor John Tuba Helan
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – DPRD Kabupaten Belu kembali membuka sidang Paripurna Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Belu tahun 2023, Senin (28/11/2022) sore.

Pembukaan Sidang itu dihadiri oleh Pemerintah Daerah (Pemkab) Belu yakni Bupati Belu Taolin Agustinus dan Sekretaris Daerah Johanes Prihatin beserta pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu.

Sementara diketahui Pembukaan rapat masa persidangan 3 sudah dilaksanakan pada Rabu (16/11/2022) lalu.

Hal ini pun menjadi tanda tanya, pasalnya pembukaan sidang yang diselenggarakan di atas sidang sebelumnya. artinya sidang yang dilakukan tanpa membatalkan sidang terlebih dahulu.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana Kupang Doktor John Tuba Helan, Senin (28/11/2022) ditanya soal pembukaan sidang ulang mengatakan, Terpenting sidang sudah berlangsung agar RAPBD 2023 disahkan

“Yang penting sidang sudah berlangsung agar apbd disahkan,” katanya

Ditanya soal pembukaan sidang yang dibuka untuk kedua kalinya, menurutnya secara teknis mungkin salah namun secara substansi sudah benar.

Ditambahkan Tuba Helan, APBD itu berhubungan langsung dengan kepentingan rakyat banyak.

Sementara terkait empat ranperda yang sudah disahkan DPRD Belu, Tuba Helan menyampaikan syukur karena DPRD mengalah untuk rakyat.

Pantaun media ini, DPRD Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi mengesahkan empat buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif Pemerintah Daerah (Pemda) Belu.

Pengesahan empat Ranperda itu, dihadiri oleh Pemda Belu, yakni Bupati Belu Taolin Agustinus dan Sekretaris Daerah Johanes Andes Prihatin beserta pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, pada pembukaan sidang Paripurna Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Belu tahun 2023, Senin (28/11/2022) sore.

Dalam rapat tersebut, DPRD Kabupaten Belu dan Pemda Belu menyetujui terkait empat Raperda menjadi Perda tersebut yang ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan oleh pimpinan DPRD Belu dan Bupati Belu.

Ketua DPRD Belu dalam keterangannya mengatakan, DPRD menyetujui empat buah ranperda dan selanjutnya Perda yang telah disepakati disampaikan ke pemerintah provinsi NTT untuk selanjutnya mendapatkan nomor registrasi peraturan daerah.

Selain itu, Manek Junior meminta kepada pemerintah untuk mensosialisasikan peraturan daerah yang telah disepakati bersama.

“Saya berharap nantinya perda yang telah disetujui bersama setelah mendapatkan nomor register dan telah di tandatangani kiranya perda tersebut segera disosialisasikan kepada masyarakat,” katanya. (pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *