Pemilih Pakai KTP Capai Ribuan, KPU Belu Enggan Komentar, Ada Apa?

  • Whatsapp
Ilustrasi e-KTP
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – Pasangan Calon (Paslon0 Bupati-Wabup Belu, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan melalui kuasa hukumnya resmi mendaftarkan gugatan atas hasil perhitungan suara ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pengajuan gugatan itu sendiri dilakukan Kamis (17/12/2020).

Sesuai copyan Akta Pengajuan Permohonan Pemohon (AP3) Nomor 18/PAN.MK/AP3/12/2020 yang diterima Panitera, Muhidin tertulis, hari ini, Kamis (17/12/2020) pukul 23:18 WIB, telah diajukan Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, oleh Willybrodus Lay, SH dan Drs. J.T Ose Luan, yang merupakan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Nomor Urut 1.

Read More

banner 300250

Dalam hal ini berdasarkan Surat Kuasa Khusus bertanggal 16 Desember 2020 memberi kuasa kepada Novan Erwin Manafe, SH dan kawan-kawan selaku pemohon.

Gugatan yang dilayangkan mendapat tanggapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu. Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak yang dikonfirmasi media ini, Jumat (18/12/2020) mengemukakan, KPU Belu siap mengikuti proses sengketa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami selaku pihak tergugat, adalah prinsip kami menunggu keputusan dari Lembaga yang berwenang salah satunya MK. Apa yang kami tunggu MK harus mengeluarkan bukti registrasi perkara konstitusi, itu artinya bahwa salah satu syarat calon yang merugikan sudah mendaftarkan perkara ke MK, itu dibuktikan dengan Bukti Registrasi,” ujarnya.

Mikhael Nahak menyebut, Pihaknya pada prinsipnya belum menyiapkan alat bukti karena menunggu perintah MK.

“Alat bukti semuanya isinya dalam kotak, sehingga kita harus keluarkan tentu tidak kami sendiri keluarkan,” katanya

Dijelaskannya, Dalam prosedure, Perkara Pidana Konstitusi MK ini, MK akan mengkaji dulu setiap laporan yang masuk lalu meneliti perkara yang diajukan apakah sudah memenuhui atau belum, ketika belum dipenuhui maka meminta kepada Pasangan Calon untuk melengkapi kekurangan.

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak
Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak

Sementara itu, Pleno rekapitulasi perolehan suara pasangan Calon Bupati-Wabup Belu, Willy Lay-Ose Luan (Sahabat) dan Agus Taolin-Alo Haleserens (AT-AHS) telah digelar di 12 kecamatan dan telah dilaksanakan pleno di tingkat Kabupaten.

Namun banyak ditemukan kejanggalan dan keanehaan, misalnya pemilih menggunakan KTP yang jumlahnya mencapai 4000-an, juga perbaikan dokumen setelah TPS ditutup maupun tidak dimasukannya C1 Plano kedalam kotak suara seperti dilansir Kilastimor.com.

Hal ini membuat saksi Paket Sahabat di sejumlah kecamatan bahkan di tingkat Kabupaten menyampaikan keberatan dan tidak menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan dan Kabupaten. Pasalnya, KPU maupun PPK tidak ingin menunjukan daftar hadir pemilih yang menggunakan KTP.

Terkait kondisi itu, Sekretaris Tim Pemenang Sahabat, Jack Karangora menyampaikan sejumlah hal. Pertama, dia mempertanyakan pemilih tambahan menggunakan KTP yang begitu banyak, namun KPU dan PPK enggan menyampaikan hal itu kepada saksi di TPS maupun di pleno kecamatan.

Dia mempertanyakan kinerja KPU terkait banyaknya pemilih yang menggunakan KTP. Seperti apa pendataan maupun validasi data pemilih, sehingga begitu banyak tidak terdaftar.

Menanggapi soal ribuan Pemilih yang menggunakan KTP, Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak enggan memberikan komentar.

Mikhael Nahak mengatakan, Pihaknya belum mengetahui materinya, ketika MK meneliti semua berkas yang diajukan semua pasangan calon dan menyatakan lengkap, MK memerintahkan untuk siapkan apa yang disangkahkan.

“Locusnya apa, kita siapkan sesuai itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020 tingkat KPU Kabupaten Belu yang berlangsung di Hotel Matahari, Atambua-Belu, Rabu (16/12/2020) lalu mengesahkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu nomor urut 02 Agus Taolin-Aloysius Haleserens (Paket Sehati) sebagai peraih suara terbanyak yakni 50.623 atau unggul 247 suara atas paslon nomor urut 01 Willybrodus Lay-JT Ose Luan (Paket Sahabat) yang mengantongi dukungan 50.376 suara ditolak. (*pito)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *