Pengamat : Pengaduan Agus Pinto kepada Nini Atok Tidak Memenuhui Mens Rea

  • Whatsapp
Agus Pinto (kiri), Nini Wendelina Atok (tengah) dan Mikhael Feka (kanan)
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com –Pengamat Hukum Universitas Katolik Widya Mandiri (Unika) Kupang Mikhael Feka mengomentari laporan pengaduan anggota DPRD Belu Agus Pinto kepada sesama rekan anggota DPRDnya Nini Wendelina Atok.

Politisi Gerindra Agus Pinto diduga melaporkan Nini Wendelina Atok, politisi Partai Amanat Nasional ke Polres Belu dan Badan Kehormatan (BK) DPRD Belu, Senin (4/7/2022) kemarin.

Read More

banner 300250

Materi pengaduan yang diadukan Agus Pinto, diduga Nini Wendelina Atok telah menyebarluaskan pesan di group whatsapp DPRD Belu New beberapa waktu lalu.

Pesan Agus Pinto saat itu, menuding Fanus Atok dan Julio Docarmo melakukan pungli terhadap anggota veteran serta menuduh keduanya sebagai pembunuh Joao Vincente tahun 2016 silam.

Menurut Mikhael Feka, setiap laporan merupakan hak setiap warga negara tetapi apakah persoalan itu memiliki dasar hukum yang kuat atau tidak.

“lapor melapor hak setiap warga negara sama,” kata Feka.

Dikatakan Feka, persoalan pengaduan yang dilaporkan Agus Pinto tidak memenuhui mens rea atau niat jahat.

“tidak ada, unsur niat jahatnya tidak ada, kalau unsur terpenting adalah setiap orang dengan sengaja. sengaja menurut saya itu tidak masuk, dengan sengaja ini harus memiliki niat jahat, apakah kemudian anak kandung menanyakan sesuatu di dalam group ke ayah kandung itu adalah niat jahat, kan tidak kan,” ucapnya.

Ditambahkan Mikhael Feka, laporan itu tidak masuk kategori mendistribusikan informasi.

“ketika seseorang memuat sesuatu tujuannya untuk apa, mens rea nya untuk apa, mens rea itu niat jahat, masa mau niat jahat terhadap orang tua sendiri, namanya ada informasi yang sangkupaut dengan orang tua pastikan akan ditanyakan, kalau saya juga pasti begitu,” katanya lagi

Laporan Agus Pinto sekali lagi dikatakan Feka, tidak argumentatif.

Diektahui, Anggota DPRD Belu Nini Wendelina Atok, diadukan Anggota DPRD Belu Agus Pinto ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Belu dan Polres Belu.

Nini Wendelina Atok dilaporkan atas dugaan mempublikasi pesan whatsapp Agus Pinto dalam group DPRD Belu New beberapa waktu lalu.

Hal itu dibenarkan Kanit Tipiter Polres Belu Aipda Mesakh Boymau ketika dikonfirmasi media ini, Senin (4/7/2022) siang kemarin bahwa ada pengaduan dari Agus Pinto terhadap Nini Wendelina Atok.

“setiap warga negara memiliki hak untuk melihat, kita akan pelajari itu,” kata Aipda Mesakh Boymau. (pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *