PPJ : Cerdas Menembus Media, Pena Nusantara Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp
Hayon Leonardo, Peserta Pelatihan Jurnalistik (PPJ) Pena Nusantara
banner 468x60

Kupang, penanusantara.com – Meningkatkan dan menambah wawasan generasi milenial terhadap Jurnalistik, Media Online, Pena Nusantara menggelar pelatihan jurnalistik dengan megusung tema, Cerdas Menembus Dunia, secara virtual pada Sabtu, 18 September 2021.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, ada tiga materi pelatihan yang disediakan oleh Pena Nusantara untuk peserta pelatihan seperti Dasar Dasar Jurnalistik, Kemampuan Menganalisis Media serta Teknik Investigasi.

Read More

banner 300250

Pimpinan Umum Pena Nusantara Yosep Pito Atu, dalam sambutannya saat membawakan materi Dasar Jurnalistik, mengatakan bahwa kemampuan menulis harus tetap dijaga, khususnya dalam bidang jurnalis.

“Karena ini adalah salah satu momen teman teman peserta diberi kesempatan untuk memperdalam skil jurnalistiknya serta membantu teman teman dalam menambah wawasan dalam mengelola informasi yang baik dan benar,” ucapnya.

Pito dalam akhir materinya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, teman teman bisa menjadi seorang jurnalist yang berkredibel.

“Dimana saja media teman teman bergelut nanti, hendaknya dari kegiatan ini bisa menjadi titik awal teman teman menjadi seorang juranalis yang betul-betul berkredibilats dalam menyampaikan informasi,” harapnya

Sedangkan dalam pemaparan materinya, Ketua KPID, Wilayah Nusa Tenggara Timur, Fredrik Bauk menyatakan, peserta Jurnakistik harus kritis dalam mengkonsumsi media massa.

“Untuk teman – teman peserta jurnalistik, jangan cepat-cepat menerima dan membagikan berita berita yang belum tentu dibuktikan kebenarannya, artinya setelah mendapat sebuah informasi dari sebuah media massa, teman teman juga harus mencari tau di media massa lainnya apakah model atau jenis berita itu dimuat di media lainnya atau tidak, karena dengan perkembangan teknologi ini, banyak informasi informasi hoax yg tersebar di media,” ujar Fredi dalam memaparkan materinya, Kemampuan Menganalisis Media.

Sementara Pemimpin redaksi, KatongNTT. COM, Rita Hasugian, meminta peserta jurnalistik untuk jangan menyerah dan tetap semangat mendapatkan berita ketika teman-teman dipanggil menjadi wartawan khususnya pada Jurnalis Inveatigasi.

“Ketika teman-teman menjadi seorang wartawan yang berkaitan jurnalis investigasi, teman teman tidak boleh patah semangat hanya karena teman teman tidak mendapatkan informasi dari narasumber. Karena berita investigasi membutuhkan waktu hingga dua bulan untuk mendapatkan akar permasalahan dari sebuah problem yang sangat fatal,”  pesan Rita dalam menyampaikan materinya.

Untuk diketahui, peserta pelatihan jurnalistik yang adalah para mahasiswa serta pemuda pemudi NTT ini begitu antusias mengikuti beberapa materi yang dikemas dalam semarak HUT 5Th Media Pena Nusantara tersebut. dilihat dari kehadiran peserta yang mencapai 106 peserta, dan begitu aktif dalam tanya jawab dari peserta ke pemateri untuk bisa menambah wawasan tentang materi yang belum dimengerti guna menambah wawasannya.

Penulis : Hayon Leonardo

Peserta Pelatihan Jurnalistik (PPJ) Pena Nusantara

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *