Pramuka Undana Gelar Musdera Luar Biasa, Jadikan Pramuka Milenial Tanggap Fenomena Sosial

  • Whatsapp
Foto bersama Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi NTT Sinun Petrus Manuk, Ketua Gugus Depan 025-026 Blajan Konradus.
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 025-026 Racana I.H Doko – Ine Pare Universitas Nusa Cendana Kupang menggelar Musyawarah Dewan Racana (Musdera) Luar Biasa.

Masyawarah Luar Biasa dengan agenda utama Pemilihan Ketua Dewan Racana itu digelar, Sabtu (13/11/2021) di Aula Kwarda Provinsi NTT.

Read More

banner 300250

Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi NTT Sinun Petrus Manuk, Ketua Gugus Depan 025-026 Blajan Konradus.

Hadirnya Sinun Petrus Manuk, selaku Ketua Kwarda NTT sebagai dukungan nyata atas hadir kembalinya Gudep 025-026 Undana.

Menurut Mantan Pejabat Lembata ini, Undana dengan jumlah mahasiswa mencapai 20 ribu lebih bila 1,2 persen yang aktif Pramuka pastinya sangat maju pramuka itu.

Sementara itu dikesempatan yang sama Ketua Dewan Pembina Racana Blajan Konradus, dalam sambutanya menyanpaikan terima kasih kepada peserta dan alumni yang sangat luar biasa dengan gigi masih tetap hadir dan terlibat mengikuti Musyawarah Dewan Racana Luar Biasa ini.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undana dalam hal ini Wakil Rektor lll Bidang Kemahasiswaan yang juga mempunyai komitmen tinggi namun karena ada kesibukan lain sehingga tidak sempat hadir dalam musyawarah Dewan Racana Luar Biasa ini.

Meski tidak hadir di kesempatan itu, namun Pembantu Rektor III itu juga ikut memberi pesan yang disampaikan Blajan Konradus, bahwa Pramuka Undana harus mengikuti trend menjadikan Pramuka yang milenial dan peduli terhadap fenomena sosial yang sedang terjadi di publik seperti halnya.

“Sampah yang sudah terbar di mana-mana pada musim hujan seperti saat ini dan juga harus menguasai Digitalisasi,” ucap Blajan melanjutkan pesan Wakil Rektor III Undana.

Ia menambahkan, pesan Pembantu Rektor III bahwa Pramuka harus jadikan kampus Undana menjadi merdeka belajar dan kampus merdeka agar program-program Pramuka itu berjalan dengan baik, tentunya undana akan perhatikan Pramuka kedepannya baik itu fasilitas dan pendanaan.

Dosen Asal Lembata ini juga megungkapkan persoalan pembenahan administrasi Gudep, kegiatan di dalam ruangan dan perkemahan tetapi harus membuka diri dan menanggapi instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat agar membuat pramuka menjadi pramuka milenial. Pramuka bisa menguasai IT, Pramuka menjadi calon pimpinan masa depan.

“Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Undana akan didampingi dari Universitas Nusa Cendana demi kemajuan Pramuka gugus depan Undana,” ucapnya

Usai kegiatan ceremonial pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Musyawarah Dewan Racana.

Terpantau media ini kegiatan berjalan dengan aman, damai dan tertib sesuai dengan prosedur yang berlaku pada organisasi Kepramukaan.

Pada pelaksanaan Musdera Luar Biasa ini Adiputra Banfaitin terpilih sebagai Ketua Dewan Racana Putra, dan Ketua Racana Putri Yunita Nuban, sementara Pemangku Adat Putra Hendriko Liufeto Pemangku Adat Putri Hilsa Patola. (*pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *