Reading Camp Program Peningkatan Literasi Siswa SDN Beumopu

  • Whatsapp
Kepala Sekolah SDN Beumopu Oktaviana Erodia Adu, S.Pd
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – Dalam upaya meningkatkan siswa yang terliterasi dengan baik dan memiliki pengetahuan yang mumpuni Sekolah Dasar Negeri (SDN) Beumopu yang terletak di jalan Dafid Tobo, Kelurhan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, membuat program Reading Camp untuk siswanya.

Program Reading Camp dirancang SDN Beumopu untuk mengatasi siswanya yang masih butuh perhatian lebih dalam proses belajar mengajar.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Kami ada program yang namanya Reading Camp itu dilakukan setiap Jumat dan Sabtu jadi satu minggu dua kali,” ujar Oktoviana Erodia Adu,S.Pd selaku Kepala Sekolah saat di wawancara, Selasa (25/10/2022).

Sebelum program itu diluncurkan, Kepala Sekolah bersama Guru-guru melakukan pendataan awal kepada siswa yang perlu diikutkan dalam program Reading Camp untuk di beri les tambahan.

“Kita data siswa dulu lalu kita buat dalam kelompok yang baru mengenal huruf, yang baru tahu suku kata, yang baru tahu kata, dan yang sudah bisa baca tapi mengeja,” jelas Oktaviana.

Oktaviana mengungkapkan, selain siswa guru-guru juga dibagi dalam kelompok yang akan mengajar anak-anak sesuai kelas yang telah dibagi dalam Program Reading Camp.

“Lalu guru juga kita bagi sesuai jumlah siswa sesuai kelompok belajarnya,” ungkapnya

Ia juga menjelaskan, program Reading Camp telah dijalankan sejak bulan September lalu untuk cepat mengatasi siswa yang memang belum bisa baca akibat dari Pandemi Covid-19.

“Disini kita suda mulai dari bulan September 2022 karena memang ada banyak juga yang bacanya juga kurang bisa karena mungkin dampak Pandemi Covid-19,” tambahnya.

Oktaviana mengatakan, untuk waktunya sendiri kami sudah sepakat itu mulai jam istirahat selama 30 menit agar tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar. Setelah kita tahu perkembangan anak nanti kita pindahkan ke kelompok atau tingkat selanjutnya.
Selain siswa yang butuh perhatian lebih untuk diberi les tambahan, SDN Beumopu juga memperhatikan dan meberikan ajaran khusus untuk siswa kelas 1 dan 2 yang masih lamban dalam belajar atau mengikuti proses belajar mengajar.

“Kami ada bimbingan khusus untuk anak-anak yang masih lamban dalam belajar dan kita tidak bisa setarakan mereka dengan yang sudah bisa tapi kita harus golongkan mereka dalam kelas bimbingan khusus,” pungkasnya.

Selain memberi les khusus kepada siswa yang lamban dalam belajar, Sekolah juga berkoordinasi dengan orang tua siswa tersebut agar diberi perhatian lebih dan juga dibantu dalam belajar saat berada di Rumah.

“Ada koordinasi Sekolah dengan orang tua siswa tersebut, karena keberhasilan pendidikan juga harus ada kerjasama sekolah dengan orang tua sehingga anak dirumah orang tua bisa membantu saat belajar,” tandasnya.

Oktaviana juga mengungkapkan, Setelah itu teratasi sedikit demi sedikit siswa tersebut juga dimasukkan dalam program Reading Camp sehingga bisa teratasi sempurna.

Laporan : Frengki Ladi

Komentar Anda?

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *