Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Gelar Karya Bakti Bersama Masyarakat Umaklaran

  • Whatsapp
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – Untuk menciptakan kebersihan lingkungan guna kepentingan bersama, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ bersama mesyarakat mengadakan Karya Bakti berupa gotong-royong pembersihan lingkungan Desa Umaklaran Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong tersebut dilakukan oleh personel yang berada di Pos Asulait merupakan salah satu bentuk kepedulian prajurit TNI akan kebersihan lingkungan sekitar desa agar tetap indah dan nyaman,.

Read More

banner 300250

Diungkapkan Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin,S.Sos,M.M Di Mako satgas saat memberikan pengarahan (5/3/2020), Kebersihan adalah suatu keadaan yang terbebas dari semua kotoran, diantaranya seperti debu, sampah dan bau, manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar selalu sehat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Kebersihan lingkungan merupakan suatu upaya menciptakan lingkungan sekitar yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan penyakit lainnya, semua ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

Dijelaskan Ikhsanudin, Apabila seseorang lalai dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka lingkungan akan menjadi kotor, tidak nyaman ditempati, dan menjadi sumber berbagai macam penyakit serta dapat menimbulkan bencana akibat ulah manusia seperti banjir, bau busuk, polusi udara, kotor serta tidak nyaman.

Menurutnya, Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan atau pihak-pihak tertentu saja.

“Selain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman, kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong pembersihan lingkungan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan interaksi komunikasi dua arah dan kerjasama yang baik antara Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dan masyarakat perbatasan,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, lebih lanjut.

Ditambahkan Ikhsanudin, Sasaran kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong kebersihan lingkungan desa ini meliputi antara lain pembersihan pekarangan rumah warga, lingkungan rumah adat dan jalan-jalan menuju perkebunan serta fasilitas umum dalam menunjang aktifitas kegiatan warga sehari-hari.

“Kegiatan Karya Bakti pembersihan lingkungan dipimpin oleh Serda M. Reza Firdaus selaku Wadanpos Asulait bersama 6 orang personel lainnya serta 9 orang masyarakat dari seluruh lapisan yang ada di Desa Asulait,” tambahnya Letkol Inf Ikhsanudin di Mako Satgas Atambua (7/3/2020).

Pos Asulait mengerahkan secara maksimal seluruh personelnya yang dapat turut serta dalam kegiatan tersebut, serta mengoptimalkan seluruh penggunaan alat-alat kebersihan yang ada di pos mereka seperti cangkul, mesin potong rumput, sapu lidi, parang dan alat-alat lainnya.

Kegiatan Karya Bakti gotong-royong pembersihan lingkungan terselengara dengan baik dan berjalan dengan aman dan lancar, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama masyarakat bergotong-royong, bahu-membahu serta saling bantu-membantu, satu dengan yang lainnya.

Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas menyampaikan bahwa selain melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, personel Yonif Raider 142/KJ juga harus saling peduli dengan keadaan lingkungan di sekitar mereka serta dapat menjadi pelopor terhadap kebersihan di sekitarnya.

Disela-sela kegiatan Karya Bakti gotong-royong pembersihan lingkungan, Bapak Domingus (43) selaku Kepala Desa Umaklaran mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Asulait atas kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Saya selaku Kepala Desa Umaklaran mewakili seluruh warga desa kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI yang telah bekerjasama dengan masyarakat untuk menciptakan kebersihan di kampung kita ini,” ungkap Bapak Domingus selaku Kepala Desa Umaklaran.

Sementara itu Bapak Martin (35) warga Desa Asulait yang berprofesi sebagai petani juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Karya Bakti yang dilakukan bersama personel Pos Asulait.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan partisipasi bapak TNI dari Pos Asulait yang bersedia turut serta dalam kegiatan ini, mudah-mudahan kedepanya kegiatan seperti ini dapat berlanjut,” ucap Bapak Martin.

Di tempat terpisah Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Karya Bakti yang dilakukan oleh personelnya bersama masyarakat Desa Asulait.

“Saya berharap semoga kegiatan Karya Bakti ini dapat memotivasi warga masyarakat yang tinggal di desa ini guna meningkatkan kepedulian tentang pentingnya kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal,” tandas Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait.

sumber : Raider 142/KJ

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *