Sebut Surat Sekda NTT Benar, Daniel Tegu Dedo : Pinjaman Daerah Pemda Belu Belum Tentu Disetujui

  • Whatsapp
Mantan Direktur Utama Bank NTT Daniel Tegu Dedo
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – Mantan Direktur Utama Bank NTT Daniel Tegu Dedo ikut menyuarakan soal Rencana Pinjaman Daerah Pemerintah Kabupaten Belu sebesar 150 miliar.

Ketika diminta tanggapannya, Daniel Tegu Dedo menyebut usulan pinjaman daerah belum tentu disetujui oleh Bank NTT. pasalnya Ia berpendapat benar dengan surat Sekretaris Daerah Pemprov NTT.

Read More

banner 300250

Menurutnya, Surat Sekda Provinsi NTT sudah benar
bahwa sesuai dengan pasal 13 ayat (1) Pasal 16 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah menetapkan bahwa :
a. Pinjaman jangka menegah merupakan pinjaman daerah dalam jangka waktu lebih dari 1 (satu) tahun anggaran dengan kewajiban pembayaran kembali pinjaman yang meliputi pokok pinjaman, bunga dan biaya lainnya, yang seluruhnya harus dilunasi dalam kurun waktu yang tidak melebihi sisa masa jabatan Kepala Daerah di daerah yang bersangkutan;
b. Pinjaman jangka menengah dan pinjaman jangka Panjang wajib mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
c. Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dilakukan bersamaan pada saat pembahasan kebijakan umum anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara.

Pria yang berlatar belakang ekonom dan bankir ini pun menambahkan, dengan demikian permohonan pinjaman tersebut juga oleh Bank NTT sulit untuk disetujui. karena dalam kebijakan Bank NTT tentang pinjaman daerah yang ia ingat, adalah berpedoman pada UU tentang pinjaman daerah dan peraturan pemerintah yang mengatur pelaksanaannya. selain dari pada sisa masa jabatan dan prosedur persetujuan DPRD, juga memerlukan persetujuan mendagri, dan Menkeu.

Selain itu ada formula perhitungan tentang besarnya pinjaman yang bisa diajukan oleh pemda. dalam SOP pinjaman daerah yang pernah ditetapkan oleh Direksi Bank NTT (semasa saya Dirut 2009-2016) ketentuan-ketentuannya jelas.

Ditanya soal Pemda Belu yang telah menyerahkan dokumen Pinjaman Daerah ke Bank NTT, ditanggapi Daniel Tegu Dedo bahwa meskipun telah diserahkan namun belum tentu disetujui. (pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *