Terpilih Jadi Presiden Prancis, Anak Muda ini Dibanjiri Selamat

  • Whatsapp

penanusantara.com – Ucapan selamat mulai berdatangan untuk Emmanuel Macron setelah ia pada Minggu (7/5) diproyeksikan menang dalam pemilihan presiden Prancis.

Perdana Menteri Ceko Bohusla Sobotka pada hari yang sama menyambut baik kemenangan besar Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Prancis. Sobotka mengatakan ia menyambut baik kemenangan Macron sebab ia ingin Prancis memainkan bagian yang kuat dan membanggakan dalam Uni Eropa.

Sobotka, sebagaimana diberitakan Xinhua, Senin pagi, mengatakan ia menganggap kemenangan Macron adalah tanda positif bukan hanya buat Prancis tapi juga untuk seluruh Uni Eropa termasuk Republik Ceko.

Emmanuel Macron merupakan calon dari kubu sentris. Dia menang dalam pemilihan presiden Prancis putaran kedua, dengan mengalahkan pesaingnya dari kanan-jauh Marine Le Pen.

Perkiraan dari hitung cepat memperlihatkan Macron menang dalam pemilihan presiden Prancis dengan 65,9 persen suara, sedangkan Le Pen mendapatkan 34,1 persen. Perkiraan lain juga menunjukkan Macron mengatungi antara 65 dan 66,1 persen suara, sementara Le Pen antara 33,9 dan 35 persen suara.

Hasil tersebut akan membuat mantan menteri ekonomi yang berusia 39 tahun itu menjadi presiden kedelapan Republik Prancis, dan yang termuda.

Di Berlin Pemerintah Jerman juga mengucapkan selama kepada Macron atas kemenangannya dalam proses demokrasi di Prancis. Kanselir Jerman Angela Merkel sebelumnya telah menyampaikan dukungan buat Macron, yang memiliki visi yang sama dengannya, sebab mereka berdua mendukung kebijakan pro-Eropa yang konsisten.

Dalam kesempatan lain Presiden AS Donald Trump mengucapkan selamat kepada Macron atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Prancis, dan sangat mengharapkan kesinambungan kerja sama AS-Prancis.

“Selamat kepada Emmanuel Macron atas kemenangan besarnya hari ini sebagai presiden mendatang Prancis,” demikian tweet Trump. “Saya sangat mengharapkan bisa bekerjasama dengan dia!” (arah.com)

Komentar Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *