Tuban Helan Apresiasi DPRD Belu, Mengalah untuk Rakyat, Seharusnya Pemerintah Sudah Salah

  • Whatsapp
Gedung DPRD Belu (ist)
banner 468x60

Atambua, penanusantara.com – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana Kupang Doktor John Tuba Helan menyampaikan apresiasi kepada DPRD Belu yang sudah berkeinginan untuk mengalah demi kepentingan rakyat.

Hal itu disampaikan Tuba Helan, Senin (28/11/2022) saat diminta tanggapannya terkait pembukaan ulang sidang 3 tentang RAPBD 2023.

Menurut Tuba Helan, DPRD sudah berkeinginan untuk mengalah, hal itu dilakukan DPRD guna pembahasan RAPBD 2023 bisa disahkan demi kepentingan rakyat banyak.

Terpenting menurut Tuba Helan sidang sudah berlangsung agar RAPBD 2023 disahkan.

Ditanya soal pembukaan sidang yang dibuka untuk kedua kalinya, menurutnya secara teknis mungkin salah namun secara substansi sudah benar.

Ditambahkan Tuba Helan, APBD itu berhubungan langsung dengan kepentingan rakyat banyak, perlu diapresiasi.

Sementara itu dikatakan Tuba Helan, seharusnya pemerintah sudah salah, kesalahaan pemerintah itu dikarenakan tidak ingin hadir bersidang.

Untuk itu, disampaikan Tuba Helan, Pemerintah daerah harus bertanggung jawab atas ketidakhadiran ini yang berujung pembahasan RAPBD tidak berlangsung saat itu.

“Pemda yang tidak hadir sebelumnya berarti mereka yang salah, sementara DPRD sudah membuka sidang,” katanya.

Merujuk pada ketidakhadiran pemda belu dalam sidang 3 DPRD tentang RAPBD 2023 maka bisa saja RAPBD 2023 tidak ditetapkan atau disahkan, dan selanjutnya Bupati Belu menerbitkan Perbub dan menerapkan APBD sebelumnya dan berdampak terhadap masyarakat.

Jika itu terjadi, maka sesuai regulasi, Pemda yang akan dikenakan hukuman atau sanksi tidak menerima gaji selama enam bulan pada APBD 2023.

“Pendapat sama seperti sebelumnya, jika gagal tetapkan APBD maka pihak yang bersalah dihukum, jika pemda tidak hadir maka di hukum,” jelas Tuba Helan.

Diberitakan sebelumnya, DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu kembali menggelar Rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk mengagendakan kelanjutan Rapat Paripurna Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Belu tahun 2023.

Rapat Banmus itu berlangsung di ruangan Ketua DPRD Belu, Senin (28/11/2022), dengan menyepakati untuk sidang pembukaan rapat masa persidangan 3 dibuka ulang.

Hal itu dibenarkan Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran Junior ketika dikonfirmasi media ini, Senin (28/11/2022) siang.

“Agenda banmus ulang untuk dijadwal sidang tiga,” jawabnya.

Sesudah itu, DPRD Kabupaten Belu kembali membuka sidang Paripurna Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Belu tahun 2023, Senin (28/11/2022) sore.

Pembukaan Sidang itu dihadiri oleh Pemerintah Daerah Belu yakni Bupati Belu Taolin Agustinus dan Sekretaris Daerah Johanes Prihatin beserta pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu. (pn)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *