Walikota Jeriko Merawat Pluralisme di Rumah Ibadah Umat Buddha

  • Whatsapp
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com — Walikota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan pembangunan rumah ibadah umat Buddha, Vihara Pubbaratana yang belum tuntas pembangunannya lantaran terkendala biaya.

Bentuk kepedulian orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang yang lebih akrab disapa Jeriko tersebut, adalah dengan menyambangi lokasi pembangunan Vihara Pubbaratana di Sikumana, Maulafa, Kota Kupang untuk membangun dialog dan mencari solusi terkait permasalahan pembangunan vihara yang belum rampung.

Read More

banner 300250

Selain umat Buddha, dalam dialog yang dihadiri beberapa pemuka agama di Kota Kupang, Kamis (5/12/2019), Jeriko yang disambut Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia Nusa Tenggara Timur (Magabudhi NTT), Indra Effendy, mengatakan Pemkot Kupang bersama masyarakat, khususnya dari agama-agama lain siap membantu dan memberikan dukungan agar pembangunan Vihara Pubbaratana dapat terselesaikan.

Baca Juga :  Farry Francis Kasih Garansi, Felix Dando Bilang Pilih Pasien atau Dokter

“Selama ini, toleransi penuh telah ditunjukkan masyarakat NTT, khususnya warga Kupang. Pembangunan tempat-tempat ibadah dapat berjalan lancar. Inilah keberagaman yang terjadi, dan menguatkan nilai-nilai keagamaan masyarakat,” paparnya.

Menurut Jeriko, ia tetap akan merawat pluralisme yang selama ini telah terbangun dengan baik. Salah satu kelebihan daerah berjuluk “Kota Sasando” yang dipimpinnya, kata Jefri, adalah toleransi antar umat beragama. Untuk itu, pihaknya akan membantu pembangunan Vihara Pubbaratana agar umat Buddha dapat beribadah dengan nyaman dan layak.

Sementara itu, Indra mengungkapkan terima kasihnya karena Pemkot Kupang bersama Kementerian Agama Kota (Kemenag) Kupang yang diwakili Kepala Kantor Kemenag Kupang Yacobus Beda Kleden yang telah menunjukkan kepedulian yang dalam terhadap kendala pihaknya.

Dalam dialog terbuka dengan umat Buddha Kota Kupang, tampak hadir Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Hilda Riwu Kore Manafe, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang Rio Fanggidae, Bendahara Panitia Pembangunan Vihara Pubbaratana Wahyu Hidayat, dan puluhan pemuda lintas agama yang tergabung dalam Komunitas Peace Maker (Kompak) Kupang.

Usai dialog, secara simbolis Jeffri didapuk menanam pohon di beranda Vihara Pubbaratana sebagai aksi umat Buddha Kupang mendukung Gerakan Kupang Hijau yang dicanangkan Pemkot Kupang pada November 2019 lalu. Aksi serupa dilakukan Hilda, Rio, dan beberapa tokoh dari lintas agama.(sp/pito)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *