Wawali Minta MTQ Jadi Wadah Pererat Ukhuwah Islamiyah

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke 29 Tingkat Kota Kupang Tahun 2022 bertempat di aula hotel Kristal Kupang, Jumat (27/5).
banner 468x60

Kota Kupang, penanusantara.com – Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 29 Tingkat Kota Kupang Tahun 2022 bertempat di aula hotel Kristal Kupang, Jumat (27/5). Tema MTQ kali ini adalah Mewujudkan Umat Berkarakter Qura’ni, Sehat dan Harmoni Dalam Keragaman.

Wakil Wali Kota Kupang dalam sambutannya merasa bangga karena momentum religius ini mampu mempersatukan semua elemen dalam sebuah ikatan silaturahmi, bukan saja sebagai insan-insan ciptaan Tuhan yang bermartabat tetapi juga sebagai bagian dari warga Kota Kupang tercinta.

Read More

banner 300250

“Kita patut bersyukur penyelenggaraan MTQ tingkat Kota Kupang ke 29 kali ini yang sempat tertunda karena pandemi covid 19 sudah bisa dilaksanakan kembali tahun ini,” ungkap Wawali.

Dijelaskan Wawali ajang MTQ bukan sekedar mencari Qori’ dan Qori’ah atau Hafidz-Hafidz terbaik, namun yang paling utama adalah mewujudkan karakter sesuai dengan tema lomba. MTQ juga merupakan salah satu upaya umat Islam di Indonesia untuk meluhurkan nilai-nilai Al-Quran agar menjadi pedoman hidup dan membentuk umat Islam yang berkarakter Qura’ni.

“Melalui MTQ ini menjadi kesempatan bagi generasi muda Islam untuk menunjukkan Ukhuwah Islamiyah, siapa pun juaranya nanti akan membawa nama Kota Kupang di ajang lomba yang lebih tinggi. Untuk itu Ukhuwah Islamiyah di mulai dari diri sendiri agar kita dengan mudah membangun tali persaudaraan di dalam hidup bermasyarakat sesuai dengan tema MTQ kali ini,” lanjut Wawali.

Di akhir sambutan, Wawali menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Ketua MUI Kota Kupang, para Alim Ulama, panitia penyelenggara dan LPTQ Kota Kupang yang telah menunjukkan kepedulian yang besar dalam mendukung kegiatan MTQ ke 29, serta kepada kafilah peserta diharapkan dapat mengikuti dengan baik dan dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di Kota Kupang.

Drs. Ambo, M.Si dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa secara kualitas Kota Kupang banyak memiliki bibit-bibit Qori’ dan Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah yang sangat berpotensi. Namun diakuinya potensi-potensi itu belum dapat berkembang secara baik karena minimnya pembinaan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan jiwa umat Islam dalam membaca Kitab Suci serta meningkatkan semangat membaca, mempelajari dan mengamalkan ayat-ayat suci Al-Quran sesuai tema MTQ.

MTQ ke 29 tingkat Kota Kupang terdapat 5 kategori yang akan di lomba kan antara lain, kategori seni baca Al-Quran, kategori hafalan Al-Quran, kategori Fahmil Al-Quran, kategori Seni Kaligrafi Al-Quran dan kategori Syarhil Al-Quran. Peserta yang mengikuti lomba pada semua kategori tersebut di atas berjumlah 96 orang yang merupakan kafilah yang berasal dari 6 kecamatan di Kota Kupang.

Turut Hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Kupang, Drs. Yakobus Beda Kleden, M.M., Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Provinsi NTT, Drs. H. Jamaludin Ahmad, M.M., Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad, perwakilan Dandim 1604 Kupang, para Staf Ahli Wali Kota Kupang, para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang dan Ketua Fosimata Kota Kupang. (*PKP_chr)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *